Headlines News :
Home » » Kenaikan TDL 2013 Tak Terhindarkan

Kenaikan TDL 2013 Tak Terhindarkan

Written By Unknown on Senin, 20 Agustus 2012 | 10.20


Jakarta Infobreakingnews - Subsidi yang besar  di bidang energi yang harus ditanggung negara membuat kenaikan BBM dan Tarif Dasar Listrik (TDL) tahun depan semakin tidak terelakkan lagi.

Adapun terkait dengan rencana pemerintah yang kembali ingin menaikkan TDL secara bertahap perkuartal, Komaidi menyerahkannya kepada pemerintah.
Menteri ESDM Jero Wacik menyebutkan bahwa pemerintah kembali mengkaji kenaikan TDL secara berkala perkuartal tahun depan. Pemerintah pun menyebut di 2013 mendatang kembali berencana menaikkan tarif dasar listrik (TDL) secara bertahap selama satu kuartal.

"Idenya begini, kalau (TDL) naik sekaligus nanti heboh, mungkin listrik kita naikkan tiga bulan, dicicil-cicil biar tidak terasa. Mungkin (listrik) empat persen tiap tiga bulan, setiap kuartal naik empat persen," ujar Jero Wacik.

Namun demikian, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) rencana penurunan beban subsidi listrik, melalui penyesuaian tarif tenaga listrik (TTL) secara otomatis setiap triwulan mulai Januari 2013.

"Ini dilakukan dalam rangka menurunkan beban subsidi energi, khususnya subsidi listrik, dalam 2013 pemerintah mengusulkan kepada Dewan yang terhormat rencana penurunan beban subsidi listrik," kata SBY, saat pidato nota keuangan, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2012) malam.

 

Pemerintah mengaku bakal bisa mengantongi penghematan anggaran Rp11-12 triliun dengan melakukan kenaikan tarif tenaga listrik (TTL) sebesar 3%-4% per kuartal.

Rencananya pemerintah akan melakukan kenaikan harga tarif listrik 3%-4% per kuartal, mulai 1 Januari 2013. "Kalau kita bisa lakukan itu akan ada tambahan Rp11-12 triliun," ujar Menteri Keuangan, Agus Martowardojo di Jakarta, Jumat (17/8/2012).


Penghematan anggaran ini, lanjutnya, akan dialokasikan ke dalam belanja infrastruktur. "Dalam laporan postur kita sudah masuk. Tapi belum kita masukkan belanja modal, tapi masuk belanja non kementerian/lembaga 2013," jelasnya.
 

Pemerintah akan menaikan tarif tenaga listrik (TTL) setiap triwulan mulai Januari 2013. Hal ini sebagai langkah untuk menurunkan beban subsidi listrik.*** Juanda Foster

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved