Headlines News :
Home » » Untuk Sementara Kedubes AS Ditutup

Untuk Sementara Kedubes AS Ditutup

Written By Unknown on Jumat, 21 September 2012 | 14.20

Jakarta, Infobreakingnews - Pemerintah Indonesia diharapkan memulihkan citra keamanan dan terus berupaya untuk meyakinkan Pemerintah Amerika Serikat bahwa kondisi di Indonesia aman sehingga tidak sampai tercipta citra buruk yang juga bisa berdampak pada ekonomi, menyusul tindakan Kedutaan Besar AS menutup kantor misinya di Indonesia.


“Pemerintah Indonesia harus terus meyakinkan pemerintah AS. Sehingga tidak akan berdampak pada politik,  tapi juga ekonomi.


Apalagi, jika  sampai ada travel  warning  yang bisa menjadi indikator bagi warga AS, seolah Indonesia tidak aman.

Seperti diketahui Kedubes Amerika Serikat menutup kantor-kantor misi AS di Indonesia untuk sementara pada Jumat (21/9), karena adanya potensi demonstrasi signifikan di depan fasilitas miliki pemerintah AS.

Polisi siap menjamin bahwa tidak ada gangguan apapun terhadap kedutaan itu," ujar Kapolri Jenderal Timur Pradopo saat ditemui  Infobreakingnews di Mabes Polri, Jumat (21/9).

Ia menambahkan pengamanan di Kedubes AS sudah merupakan tanggung jawab dan tugas kepolisian. Timur mengatakan, dalam kaitan dengan aksi unjuk rasa, seperti yang diatur dalam Undang-Undang, harus diberitahukan paling tidak tiga hari sebelumnya. Pihak yang akan menyampaikan aspirasinya harus memberi tahu tujuan demonstrasi dan ditujukan pada siapa. 

"Polisi dalam hal ini menjembatani bagaimana pelaksanaan aksi unjuk rasa bisa sesuai dengan tujuannya dan tidak menimbulkan kerugian baik di pihak pengunjuk maupun masyarakat. Itulah perlunya diatur tiga hari sebelumnya," kata Timur. 

Sebelumnya, Kedubes AS mengumumkan penutupan sementara misi-misi AS di Indonesia pada Jumat (21/9) karena adanya potensi demonstrasi signifikan yang mungkin akan diselenggarakan di depan fasilitas milik pemerintah AS. Dalam rilis yang dikirimkan Kedutaan Besar AS, kantor-kantor yang akan ditutup adalah Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Kantor Perwakilan Amerika Serikat di Medan, Kantor Agen Konsuler Amerika Serikat di Bali dan Misi Amerika Serikat untuk ASEAN. 

Sebelumnya, massa dari berbagai ormas Islam melakukan demonstrasi di depan Kantor Kedubes AS di Jakarta, Senin (17/9). Aksi tersebut digelar sebagai ungkapan protes terhadap pemutaran film 'Innocence of Muslims' yang dinilai melecehkan Nabi Muhammad SAW dan umat Islam. Aksi yang awalnya berlangsung damai berubah ricuh karena massa melempari aparat dengan batu.


Film ini juga menuai protes di berbagai negara Timur Tengah. Demonstrasi di Benghazi bahkan menyebabkan tewasnya empat warga negara AS, termasuk Dubes AS untuk Libya, Christopher Stevens. *** Candra Wibawanti
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved