Headlines News :
Home » » Hari ini "Perang Debat" Obama dan Mitt Romney dimulai

Hari ini "Perang Debat" Obama dan Mitt Romney dimulai

Written By Unknown on Kamis, 04 Oktober 2012 | 11.06

Colorado, Infobreakingnews - Debat calon presiden dimulai antara Presiden Barack Obama menghadapi penantangnya dari Partai Republik, Mitt Romney.

Barack Obama dan penantangnya, Mitt Romney, bersiap menghadapi debat pertama mereka untuk menunjukkan kepada publik Amerika siapa yang pantas menjadi pemenang pada Pemilu 6 November mendatang. Menjelang hari pemilihan, kedua kandidat presiden AS itu akan menjalani tiga putaran debat dengan tema yang berbeda-beda.


Menurut kantor berita Reuters, debat putaran pertama berlangsung di Universitas Denver, negara bagian Colorado, pada Rabu malam waktu setempat atau Kamis pagi WIB.

Bagi kedua kubu, Colorado tergolong wilayah "swing state" - yaitu wilayah pemilihan yang tidak didominasi salah satu partai, sehingga sangat strategis untuk dimenangkan. 


Seperti biasa, sejumlah jurnalis senior Amerika dipilih untuk menjadi moderator. Pada debat putara pertama ini moderatornya adalah Jim Lehrer, pengasuh acara "Newshour" di stasiun televisi PBS.

Kedua calon berbeda pandangan, terutama dalam soal pengenaan pajak kepada warga Amerika Serikat.  Romney menitikberatkan pada pemotongan pajak untuk kalangan yang disebut kubu Obama kaum kaya, sedangkan Obama sendiri lebih menekankan kebijakan yang pro kelas menengah.

Debat ini, terdiri dari tiga seri untuk capres dan satu putaran untuk cawapres, merupakan tradisi pemilihan presiden AS yang kemudian banyak ditiru di berbagai negara demokratis lain di dunia.

Debat juga lazim dipakai di arena konvensi partai, fase sebelum seorang calon secara resmi diusung Partai Republik atau Demokrat sebagai calon resmi presiden AS. Meski menurut statistik debat tidak banyak menentukan hasil akhir pemilu, namun ajang ini tetap dianggap penting sebagai arena untuk menunjukkan keunggulan masing-masing calon.

Presiden Barack Obama telah hadir di Denver, Colorado yang menjadi arena debat kali ini, pada Rabu (3/10) kemarin.Acara akan berlangsung selama 90 menit dan diperkirakan akan ditonton oleh 60 juta pemirsa televisi melalui siaran langsung di seluruh dunia.
Tiga debat lain akan dilangsungkan dalam empat minggu mendatang menjelang pemilihan presiden pada 6 November nanti.

Sejauh ini posisi Obama masih lebih dijagokan melihat hasil jajak pendapat Reuters/Ipsos yang pada Rabu kemarin menunjukkan keunggulan 47-41 persen untuk Obama dibanding Romney.

Jajak pendapat lain dari NPR menunjukkan dukungan untuk Obama mencapai 51-44 persen dibanding Romney. Meski debat bisa jadi momentum untuk membalik keadaan, kesalahan sekali pun kecil dalam debat ini juga bisa jadi malapetaka.


Debat hari ini banyak dinilai sebagai agenda terpenting selama rangkaian debat mendatang karena fokus pada isu domestik dimana Romney diperkirakan akan menggunakan lesunya ekonomi AS sebagai bahan serangan utama terhadap kinerja pemerintah Presiden Obama. ( Source)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved