Headlines News :
Home » » Inilah Alasan Mengapa Jantung Perempuan Lebih Kuat dari Pria

Inilah Alasan Mengapa Jantung Perempuan Lebih Kuat dari Pria

Written By Unknown on Sabtu, 13 Oktober 2012 | 10.43

Jakarta, InfobreakingnewsPenyakit jantung memang lebih sering ditemui pada laki-laki, walaupun begitu perempuan juga berisiko terkena penyakit jantung. Ada alasan mengapa jantung perempuan lebih kuat dibanding pria. Apakaj itu?

Jika dilihat dari angka atau statistiknya, kejadian penyakit kardiovaskular masih lebih tinggi ditemukan pada laki-laki daripada perempuan. Namun kabar bahwa hanya laki-laki yang berisiko penyakit jantung adalah mitos belaka.

"Pada perempuan yang belum mengalami menopause, ia masih memiliki perlindungan terhadap jantungnya yaitu dari hormon estrogen," ujar Mohan Nair, konsultan jantung di Max Hospital, seperti dikutip dariTimesofindia.

Mohan Nair menuturkan bahwa pada saat perempuan memasuki masa menopause, perlindungan tersebut akan berkurang atau bahkan hilang. Oleh sebab itu, tidak jarang kita lihat bahwa penyakit jantung ditemukan pada wanita yang sudah berusia 50 tahun keatas.

Sayangnya, perlindungan yang ada pada diri perempuan ini perlahan mulai berkurang manfaatnya. Salah satu penyebab terbesarnya adalah pola hidup tak sehat yang dijalani oleh perempuan itu sendiri.

Pola hidup tidak sehat yang paling sering ditemukan adalah meningkatnya perempuan yang suka merokok. Contoh lain adalah para wanita yang banyak menduduki jabatan yang tinggi sehingga waktu berolahraga berkurang dan mudah stres.

Selain itu, pada perempuan yang kena penyakit koroner biasanya mempengaruhi arteri atau pembuluh darah yang lebih kecil sehingga gejala yang timbul tidak terlalu parah namun bisa jauh lebih buruk.

Untuk itu, meski perempuan memiliki perlindungan lebih terhadap penyakit jantung bukan berarti ia bisa bebas sepenuhnya. Bagi perempuan yang sudah memasuki usia menopause satu-satunya jalan keluar untuk kurangi faktor risiko adalah menjaga tubuh tetap fit.

Cara yang bisa dilakukan ini melalui olahraga teratur, mengontrol kadar kolesterol, gula darah serta tekanan darah secara rutin, mengurangi asupan garam dan mengurangi waktu duduk. ***Nadya
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved