Headlines News :
Home » » Jalan Jakarta - Bogor Lumpuh, Karena Demo Buruh

Jalan Jakarta - Bogor Lumpuh, Karena Demo Buruh

Written By Unknown on Rabu, 03 Oktober 2012 | 13.23

Jakarta, Infobreakingnews - Ribuan buruh unjuk rasa memblokir Jalan Raya Jakarta-Bogor, Depok, Jabar. Arus lalu lintas dari dua arah dialihkan. 

Aksi unjuk rasa buru yang berlangsung di beberapa pabrik yang ada di sepanjang Jalan Raya Bogor sempat membuat kemacetan. Khususnya di Kilometer 35 Jalan Raya Bogor, Cilodong, Depok. Ribuan buruh tumpah ruah di badan jalan. Akibatnya kemacetan pun sempat terjadi selama hampir dua jam.

Blokir dilakukan sejak pukul 09.45 WIB di Jalan Raya Jakarta-Bogor KM 33, Sukmajaya, Rabu (3/10/2012).
Begitu orasi dimulai, perlahan-lahan massa memenuhi badan jalan. Karena banyaknya massa, akses Jakarta-Bogor dan sebaliknya pun tertutup.

Tadi berlangsung tertib. Ada sekitar 4.000 orang lebih. Dari beberapa PT di sini, pertama memang di tutup (buruh) ya, sekitar hampir dua jam. Kami buka, dan berlakukan sistem satu jalur, jadi dibuka separuh," katanya.

Menurut Mulyadi, aksi dimulai pukul 08.30 WIB sampai pukul 10.30 WIB tadi. Sebanyak 300 personel gabungan dari Polisi, TNI, Dishub, dan Sat Pol PP pun dikerahkan untuk mengamankan aksi agar berlangsung tertib.

Ketua Serikat Pekerja PT Sanyo, Marsunu  mengatakan, hampir semua buruh pekerja di sepanjang Jalan Raya Bogor melakukan aksi. Massa berasal dari buruh PT Sanyo, PT Meiwa Indonesia Plant II, dan beberapa perusahaan di kota Depok lainnya. Mereka tergabung dalam Forum Buruh Depok, yang berafiliasi dengan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

"Hari ini kami sesuai dengan yang diinstruksikan di tingkat nasional, melakukan aksi dalam artian mogok. Dan dari kita hampir semua perusahaan di depok tidak keberatan untuk aksi ini. Kalau tuntutannya yaitu tolak outsourcing, tolak upah murah, dan kemudian menjalankan jaminan kesehatan di tahun 2014," ujar Marsunu.

Para buruh mengecam murahnya upah buruh dan sistem kerja outsourcing. "Kalau kondisinya tidak berubah, maka kami akan terus berunjuk rasa," kata salah satu orator.

Tak jauh dari lokasi aksi, ratusan buruh lain juga menggelar aksi serupa. Seperti di Jalan Raya Jakarta-Bogor KM 31, Cigunung, di Jalan Siliwangi, dan di Jalan Margonda Raya. 


Hingga saat ini aksi demo masih berlangsung, polisi tetap mengawal massa di berbagai pusat unjuk rasa.*** J.F
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved