Headlines News :
Home » » Maluku Tengah Diguncang Gempa 6,3 SR Semalam

Maluku Tengah Diguncang Gempa 6,3 SR Semalam

Written By Unknown on Selasa, 09 Oktober 2012 | 10.14


Jakarta, Infobreakingnews - Gempa 6,3 SR Guncang Maluku Tengah, gempa kembali mengguncang wilayah Indonesia bagian timur. Gempa dengan kekuatan 6,3 skala richter mengguncang wilayah Maluku Tengah, Maluku. 







Berdasarkan keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Senin (8/10/2012), pusat gempa di kedalaman 10 Km dengan titik kordinat 4.46 LS-129.35 BT. Gempa terjadi sekitar pukul 18.43 WIB. 

Lokasi gempa berada di 145 km sebelah tenggara Maluku Tengah, 152 km sebelah tenggara Kota Ambon, dan 172 km sebelah barat daya Pulau Seram bagian timur. Namun demikian, gempa tersebut dilaporkan tidak berpotensi tsunami. 

Hingga kini belum ada informasi korban dan kerugian materiil akibat gempa tersebut.


“Gempa tidakberpotensi tsunami," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Senin 8 Oktober 2012.

Kendati tidak ada ancaman tsunami, Sutopo mengatakan BNPB masih melakukan kontak dengan posko yang dekat dengan lokasi gempa untuk mengetahui kondisi terakhir. Hingga kini, kata Sutopo, belum ada laporan tentang kerusakan di lokasi gempa tersebut.

Sekitar satu jam kemudian, pada pukul 19.00 WIB terjadi lagi gempa susulan berkekuatan 5.1 skala Richter di lokasi yang sama.

Sutopo menjelaskan ada empat syarat dikeluarkannya warning potensi tsunami, yaitu kekuatan gempa lebih dari 7 skala Richter, gempa terjadi di kedalaman kurang dari 20 kilometer, terjadi di dasar laut dan terjadi di zona subduksi.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved