Headlines News :
Home » » 5 Langkah Tingkatkan Bisnis Online

5 Langkah Tingkatkan Bisnis Online

Written By Infobreakingnews on Senin, 06 November 2017 | 07.41

Jakarta, Info Breaking News - Maraknya bisnis ritel yang tutup, disebut-sebut karena lemahnya penjualan sejak lebaran lalu. Daya beli lesu dianggap sebagai kambing hitamnya. Sejumlah ritel yang bertumbangan tersebut seperti Lotus, beberapa gerai Matahari, hingga Debenhams.

Walaupun demikian, ternyata ancaman banyaknya ritel yang tutup tahun ini tidak berpengaruh sama sekali ke dalam bisnis online atau e-commerce.

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Aulia Ersyah Marinto, mengatakan lesunya daya beli masyarakat akhir-akhirnya ini relatif tak banyak pengaruhnya pada pelaku usaha e-commerce. Rata-rata penjualan e-commerce masih bisa tumbuh positif. 

Mengapa ini bisa terjadi? Ternyata bukan karena shifting ke belanja online, lantas membuat ritel jadi sepi dan tutup. Namun karena adanya pergeseran perubahan pola konsumsi masyarakat. Ini bisa terjadi karena banyak orang yang sudah malas untuk berbelanja di mal. Mereka lebih memanfaatkan adanya jaringan online yang mempermudah mereka untuk berbelanja dan bertransaksi lewat online.

Anda sebagai pemilik bisnis, ada baiknya untuk segera mempertimbangkan mengelola toko Anda secara online. Selain mengurangi dampak buru adanya penutupan ritel seperti yang sudah banyak terjadi, Anda juga jadi bisa meminimalisir budget yang seharusnya digunakan untuk menyewa toko, kini Anda bisa mengalokasikan dana itu misalnya untuk menambah strategi promosi.

Lantas bagaimana caranya menciptakan toko online yang laris digandrungi pembeli?

1. Fokus Kepada Produk
Jika mau, pastikan Anda menjual fokus hanya pada satu produk. Memiliki banyak pilihan produk yang dijual memang bagus dapat membuat traffic pengunjung yang mau membeli apa saja bisa mendatangi toko Anda. Tapi alangkah lebih baiknya jika Anda fokuskan dulu dalam satu produk. Misalnya Anda menjual fashion, ya fashion saja dulu. Jangan juga jual makanan, elektronik dan sebagainya. Selain akan membingungkan Anda untuk mengelola datanya. Ini juga akan berpengaruh buruk terhadap penjualan Anda.

2. Melakukan Strategi Promosi
Gunakan Media Marketing Digital untuk memuat promosi toko atau produk Anda. Dewasa ini, seringkali terlihat banyak produk luar negeri yang menawarkan produk gratis dan hanya cukup untuk membayar ongkirnya saja untuk strategi awal marketing mereka. Ini juga cukup untuk mendongkrak kepopuleran toko Anda. Tidak apa-apa tidak ada untuk di awal, yang terpenting toko dan produk Anda sudah dikenal oleh banyak pelanggan yang secara tidak langsung akan memberikan branding dari produk gratis yang mereka tawarkan.

3. Kualitas Produk
Tidak hanya bisnis commerce, e-commerce pun memerlukan yang namanya standar kualitas produk. Produk Anda tidak perlu murah, mahal pun tidak masalah asalkan pastikan jika kualitas produk Anda berada di atas rata-rata produk lain.

Ketika Anda memiliki kualitas yang baik, maka pelanggan Anda dengan bersedia untuk kembali mengunjungi dan berbelanja kembali ke toko Anda.

4. Berikan GiveAway
Sesekali juga Anda bisa mengadakan give away untuk customer setia Anda. Misalnya dengan berbelanja minimal berapa, mereka berhak mendapatkan ongkos kirim gratis, atau mendapatkan produk yang bernilai sama atau minimal di bawah harga produk yang mereka beli. Tinggal Anda tentukan saja. GiveAway ini juga meningkatkan penjualan Anda secara langsung. Buat GiveAway ini di beberapa musim, supaya lebih menarik customer Anda untuk berbelanja lebih sering ke toko online Anda.

5. Limited Produk
Sudah banyak toko online yang menciptakan sistem ini. Misalnya produsen kerudung yang berjualan online, mereka membuat sistem limited stock barang. Hal ini juga dapat berpengaruh agar para customer Anda untuk segera melakukan transaksi pembelian, karena jika mereka tidak melakukan transaksi saat ini juga maka produk yang akan mereka beli akan habis dalam waktu dekat. Dilihat dari banyaknya antusias pembeli terhadap produk limited Anda, ini akan benar-benar bisa mendongkrak penjualan Anda secara instan dan cepat. *** Any Christmiaty.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved