Headlines News :
Home » » Ikan Oarfish Mulai Bermunculan, Jepang Bakal Dilanda Bencana?

Ikan Oarfish Mulai Bermunculan, Jepang Bakal Dilanda Bencana?

Written By Info Breaking News on Jumat, 08 Februari 2019 | 22.14

Penampakan ikan oarfish yang dipercaya dapat memprediksi gempa dan tsunami

Tokyo, Info Breaking News – Sejumlah ikan oarfish dengan panjang rata-rata empat meter mulai bermunculan di lepas pantai Pelabuhan Imizu di prefektur Toyama, Jepang sepanjang akhir pekan kemarin.
Kemunculan oarfish sendiri berdasarkan kepercayaan masyarakat lokal merupakan salah satu pertanda akan terjadinya gempa bumi atau tsunami.
Seperti dikutip dari laman Daily Star, Rabu (6/2/2019) lalu, sejumlah ikan itu sudah dalam kondisi mati saat ditemukan tersangkut di jaring nelayan. Rekor empat ikan oarfish ditemukan di pesisir Jepang pada 2015, dan jumlah tersebut mungkin akan terlewati tahun ini.

Spesies oarfish biasanya hidup di laut dalam dan jarang terlihat di permukaan. Legenda Jepang menyebutkan saat seekor oarfish muncul ke perairan dangkal, maka musibah sudah semakin mendekat.

Berbagai spekulasi bermunculan terkait ikan ini, salah satunya adalah oarfish mungkin sensitif terhadap pergerakan seismik di dasar laut, dan berenang menjauh dari lokasi yang mungkin akan menjadi episenter gempa.
Meski begitu, sejauh ini belum ada data ilmiah yang dapat membuktikan hubungan oarfish dengan gempa bumi atau tsunami.

Sebelumnya di tahun 2010, sedikitnya 10 oarfish ditemukan terdampar di sepanjang garis pantai Jepang. Beberapa bulan setelahnya, gempa bumi berkekuatan 9,0 Skala Richter pun menghantam negeri Sakura tersebut. Musibah tersebut memicu gelombang tsunami yang menewaskan sekitar 19 ribu orang. ***Radinal

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved