Headlines News :
Home » » Konferensi Diplomasi Digital Diikuti 16 Negara Indonesia Menjadi Tuan Rumah

Konferensi Diplomasi Digital Diikuti 16 Negara Indonesia Menjadi Tuan Rumah

Written By Info Breaking News on Selasa, 10 September 2019 | 15.49

Menlu Retno Marsudi saat membuka Konferensi RCDD di Jakarta
Jakarta, Info Breaking News -Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi membuka Konferensi Regional Diplomasi Digital (Regional Conference on Digital Diplomacy/RCDD) berlangsung di Jakarta pada 10-11 September 2019 diikuti oleh 16 negara yang mencakup 10 negara ASEAN ditambah Australia, China, India, Jepang, Korea Selatan dan Selandia Baru.
“Baru saja saya membuka RCDD. Konferensi ini merupakan inisiatif baru Kementerian Luar Negeri yang merupakan tindak lanjut dari diskusi sebelumnya tahun lalu pada Juni 2018,” kata Menlu Retno Marsudi di Jakarta, Selasa (10/9).
RCDD merupakan konferensi pertama yang dilakukan di kawasan terkait dengan bidang diplomasi digital. "Akan ada sejumlah kerja sama yang akan dicapai dalam konferensi ini ", ujarnya
Menlu Retno menekankan pentingnya penyelenggaraan RCDD yang dapat menjadi wadah bagi para pemangku kepentingan terkait di kawasan untuk membahas peluang dan tantangan mengenai bagaimana diplomasi dijalankan di era digital, dan cara-cara menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara efektif dalam diplomasi menuju kemajuan dan kemakmuran bersama.
RCDD juga diharapkan mendorong kerja sama di masa depan dalam mengurangi kesenjangan teknologi dan digital (technological and digital divide) di kawasan. Kegiatan ini diharapkan pula menjadi kesempatan bagi semua pihak yang hadir, termasuk sektor swasta, untuk membangun peluang kerja sama di bidang teknologi digital.
Konferensi regional itu akan menyepakati dokumen hasil, “The Jakarta Message on Regional Cooperation on Digital Diplomacy“, yang berisi antara lain pengakuan akan pentingnya diplomasi digital, komitmen bersama dalam membangun pesan dan kerja sama diplomasi digital antara pemangku kepentingan terkait, termasuk seruan untuk membangun komunitas yang terbebas dari informasi palsu.
Dokumen hasil itu akan dilengkapi dengan suatu rencana aksi untuk kerja sama berkelanjutan antara pemerintah, sektor swasta, dan pemangku kepentingan lainnya dalam membangun jejaring regional guna meningkatkan pemanfaatan teknologi digital untuk diplomasi.
Di sela-sela konferensi itu digelar pameran teknologi digital pada 10 –11 September 2019. Unicorn Indonesia, start-ups dan mitra potensial lainnya akan berpartisipasi dalam pameran yang terbuka untuk umum tersebut.
Menlu perempuan pertama Indonesia itu msngatakan , optimistis bahwa berbagai kesepakatan ini akan menjadi awal dari kerja sama lain yang akan terjalin di masa mendatang.

Tahun depan Indonesia berencana mengadakan konferensi digital diplomasi yang bertaraf internasional. Konferensi itu akan melibatkan peserta yang lebih luas sehingga kerja sama konkret dan hasil yang dicapai diharapkan jauh lebih besar.*** Nadya Emilia 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved