Headlines News :
Home » » Zozibini Tunzi, finalis asal Afrika Selatan yang dinobatkan sebagai Miss Universe 2019.

Zozibini Tunzi, finalis asal Afrika Selatan yang dinobatkan sebagai Miss Universe 2019.

Written By Info Breaking News on Selasa, 10 Desember 2019 | 16.51

Zozibini Tunzi 
Finalis asal Afrika Selatan,Zozibini Tunzi yang dinobatkan sebagai Miss Universe 2019. Momen bahagia tersebut terjadi saat grand final di Tyler Perry Studios, Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, Minggu, 8 Desember 2019, waktu setempat.

Masuk ke babak tiga besar, perempuan berusia 26 tahun ini berhasil mengungguli Madison Anderson dari Puerto Rico dan Sofía Aragón dari Meksiko.

"Saya dibesarkan di dunia di mana perempuan yang tampak seperti saya, dengan jenis kulit seperti saya dan jenis rambut seperti saya, tidak pernah dianggap cantik." Itu adalah pesan Zozibini Tunzi, perempuan asal Afrika Selatan yang baru dinobatkan sebagai Miss Universe.
"Saya pikir sudah waktunya hal itu berhenti hari ini."
Dia merupakan satu dari 90 lebih perempuan dari berbagai penjuru dunia yang ikut ambil bagian dalam kontes kecantikan di Atlanta, Amerika Serikat.
Para finalis ditanyai sejumlah pertanyaan mengenai beragam topik, seperti perubahan iklim, demonstrasi, dan media sosial. Pada pertanyaan terakhir, Zozibini ditanya apa yang harus diajarkan kepada para perempuan muda zaman sekarang?
Jawabannya: kepemimpinan.
"Itu adalah sesuatu yang masih kurang pada perempuan muda dan dewasa dalam waktu yang sangat lama. Bukan karena kami tidak ingin (memimpin), tapi karena label yang diberikan masyarakat terhadap perempuan," paparnya.
"Saya pikir kami adalah makhluk paling kuat di dunia dan kami seharusnya diberikan setiap peluang."
"Dan itulah yang harus kita ajarkan kepada perempuan-perempuan muda ini—untuk mengambil tempat."
Zozibini merupakan perempuan berkulit hitam pertama yang memenangi kontes Miss Universe sejak Leila Lopes pada 2011.
Mantan Miss Universe asal Angola itu mengucapkan selamat kepada Zozibini melalui Instagram dengan tulisan: "Selamat, kamu membuat kami sangat bangga."
Menanggapi kemenangannya, Zozibini menulis: "Malam ini sebuah pintu telah dibuka dan saya tidak henti-hentinya bersyukur menjadi orang yang berjalan melaluinya."
"Kiranya setiap anak perempuan yang menyaksikan momen itu selamanya meyakini kekuatan mimpi-mimpinya dan kiranya mereka menyaksikan wajah mereka tercermin pada wajah saya."
"Saya bangga menyatakan nama saya Zozibini Tunzi, Miss Universe 2019!"
Tagar #MissUniverse lantas menjadi trending di Twitter dan namanya disebut oleh Oprah Winfrey.
Sejumlah orang menggarisbawahi pentingnya seorang perempuan berkulit hitam dengan rambut alami memenangi kontes kecantikan.
Zozibini, yang meraih gelar Miss Afrika Selatan pada Agustus, dirujuk penyelenggara Miss Universe sebagai perempuan yang "bangga menyokong kecantikan alami".
Lebih lanjut, Zozibini juga disebut sebagai pegiat yang berenjana (passionate) dan terlibat dalam peperangan melawan kekerasan bermotif gender.
"Dia mendedikasikan kampanye media sosial untuk mengubah narasi seputar stereotipe-stereotipe gender."
Zozibini diperkirakan mendapat gratis sewa apartemen di New York selama setahun dan upah senilai 100.000 dolar AS atau Rp1,4 miliar.Dia juga akan bepergian keliling dunia untuk bertemu media sekaligus mendapat peluang di bidang model.***Novie Koesdarman 

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved