Headlines News :
Home » » MA Lantik Tiga Ketua Muda Mahkamah Agung RI

MA Lantik Tiga Ketua Muda Mahkamah Agung RI

Written By Info Breaking News on Sabtu, 22 Februari 2020 | 13.24

Ketua Mahkamah Agung,  Prof. Dr. M. Hatta Ali., SH., MH.,
menjadi saksi saat para Ketua Muda menandatangani pakta integritas.


Jakarta, Info Breaking News - Ketua Mahkamah Agung,  Prof. Dr. M. Hatta Ali., SH., MH., Jumat (21/2/2020) kemarin melantik dan mengambil sumpah tiga Ketua Kamar Mahkamah Agung, yakni Ketua Muda Pembinaan, Ketua Muda Pengawasan dan Ketua Muda Perdata.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah digelar di ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja, Gedung Mahamah Agung lantai 14 dan dimulai pukul 10.00 WIB.

Mereka yang dilantik ialah
Prof. Dr. Takdir Rahmadi, SH., LLM. sebagai Ketua Muda Pembinaan Mahkamah Agung. Ini merupakan yang kedua kalinya Takdir terpilih menjabat posisi yang sama.

Foto bersama I Gusti Agung Sumanatha Ketua Kamar Perdata MA, Andi Samsan Nganro
Ketua Muda Pengawasan MA dan Takdir Rahmadi Ketua Muda Pembinaan MA

Yang kedua adalah Dr. H. Andi Samsan Nganro, SH., MH, sebagai Ketua Muda Pengawasan yang juga masih menjabat sebagai Juru Bicara Mahkamah Agung. Beliau menggantikan posisi Dr. Sunarto, SH., M.Hum, yang sebelumnya telah dilantik menjadi Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial pada 23 Mei 2018 lalu. Selanjutnya ada I Gusti Agung Sumanatha, SH., MH,. sebagai Ketua Kamar Perdata untuk menggantikan posisi Soltani Mohdally, SH., MH yang telah memasuki masa pensiun pada 1 Maret 2019 lalu.

Pelantikan tiga Ketua Muda tersebut berdasarkan dua Keputusan Presiden, yaitu Keputusan Presiden No 20/P Tahun 2020 tanggal 18 Februari 2020 dan Keputusan Presiden Nomor 21/P tahun 2020 tanggal 18 Februari 2020.

Soegiharto Santoso dan Binsar M. Gultom mewawancari Andi Samsan Nganro
Dalam upacara pelantikan, Ketua MA Hatta Ali membacakan sumpah jabatan, yang diikuti para pejabat yang dilantik; "Saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai Ketua Muda Mahkamah Agung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD Negara Republik 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undang dengan selurus-lurusnya, menurut UUD Negara Republik Indonesia 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa," katanya.
Usai pengambilan sumpah jabatan, para Ketua Muda lalu menandatangani pakta integritas.
Dalam wawancara singkatnya Andi Samsan mengatakan dirinya berkomitmen untuk melaksanakan visi dan misi dari Mahkamah Agung.
“Saya akan melaksanakan visi dan misi MA, sebab Ketua Muda Pengawasan adalah perpanjangan tangan dari Ketua Mahkamah Agung dalam menyelengarakan pengawasan internalnya, tentu saya akan berupaya membangun sistem pengawasan yang lebih baik lagi dan meningkatkan pengawasannya, kami akan selalu melayani laporan-laporan dan pengaduan-pengaduan dari masyarakat yang disampaikan kepada Mahkamah Agung,” ungkapnya.
Soegiharto Santoso bersama Kepala Divisi Hukum
Polri Irjen. Pol. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho, S.H., M.H., M.B.A.
Dengan jabatan barunya sebagai ketua pengawasan, Andi Samsan berwenang mengawasi lebih dari 8.000 hakim dan lebih dari 23.000 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Mahkamah Agung di seluruh Indonesia.
Sementara itu Kepala Divisi Hukum Polri Irjen. Pol. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho, S.H., M.H., M.B.A. yang hadir mewakili Kapolri mengucapkan selamat kepada para Ketua Kamar Mahkamah Agung yang baru dilantik dan diambil sumpahnya serta mendoakan untuk tercapainya seluruh VISI dan MISI Mahkamah Agung.
Turut hadir menyaksikan acara pelantikan tiga Ketua Kamar Mahkamah Agung antara lain; Ketua Mahkamah Konstitusi Dr. Anwar Usman, S.H., M.H.,  Ketua Komisi Yudisial Dr. Jaja Ahmad Jayus, S.H., M.Hum., Jaksa Agung S.T. Burhanuddin,  jajaran Hakim Agung, Hakim Ad Hoc pejabat Eselon 1 hingga Eselon 4 Mahkamah Agung, para mantan hakim agung dan undangan lainnya. ***Hoky 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved