Headlines News :
Home » » Angka Kematian Tenaga Kesehatan RI Salah Satu yang Terbesar di Dunia

Angka Kematian Tenaga Kesehatan RI Salah Satu yang Terbesar di Dunia

Written By Info Breaking News on Minggu, 06 September 2020 | 11.46


Jakarta, Info Breaking News - Amnesty International Indonesia menyebut jumlah kasus kematian tenaga kesehatan akibat Covid-19 di Indonesia merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia, Usman Hamid, mengatakan pihaknya mencatat ada 181 tenaga kesehatan di Indonesia yang meninggal dunia. 112 di antaranya adalah dokter sedangkan sisanya berprofesi sebagai perawat.


"Setidak-tidaknya ada 181 tenaga kesehatan yang meninggal dunia, dengan angka tersebut ini termasuk rincian 112 dokter dan juga 69 perawat, dan dengan angka ini Indonesia berada di jajaran negara dengan angka kematian tenaga kesehatan yang terbesar di dunia," kata Usman dalam acara peluncuran pusara digital bagi tenaga kesehatan, Sabtu (5/9/2020).


Secara global, Amnesty International menemukan setidaknya ada 7.000 tenaga kesehatan yang gugur akibat Covid-19. Negara dengan jumlah tenaga kesehatan yang wafat akibat Covid-19 adalah Meksiko dengan jumlah kematian 1.320 orang. Selanjutnya ada Amerika Serikat (1.077), India (573), Brazil (324) dan Afrika Selatan (240).


Usman menyebut dalam sudut pandang hukum internasional, setiap negara wajib memastikan warganya terlindungi, termasuk para tenaga kesehatan. 


"Khusus terhadap penanganan Covid, negara-negara diwajibkan untuk menempuh segala upaya maupun langkah-langkah yang efektif dalam mencegah penularan wabah maupun juga dalam melindungi para tenaga kesehatan," kata Usman. 


Ia menambahkan, inisiatif relawan Lapor Covid-19 membuat pusara digital bagi para tenaga kesehatan yang gugur akibat Covid-19 dapat mengguggah pemerintah untuk memperhatikan kerja keras para tenaga kesehatan di Indonesia. ***Candra Wibawanti



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved