Headlines News :
Home » » Nyalakan Lilin Sehabis Pakai Hand Sanitizer, Seorang Wanita di AS Alami Luka Bakar Parah

Nyalakan Lilin Sehabis Pakai Hand Sanitizer, Seorang Wanita di AS Alami Luka Bakar Parah

Written By Info Breaking News on Minggu, 06 September 2020 | 12.12


Austin, Info Breaking News - Seorang wanita menderita luka bakar parah hampir di sekujur tubuhnya akibat hand sanitizer.

Seperti diberitakan New York Post, Jumat (4/9/2020) waktu setempat, Kate Wise, wanita asal Round Rock, Texas tersebut menyalakan lilin dengan tangan yang sebelumnya menggunakan hand sanitizer.


"Di mana pun saya mengoleskan hand sanitizer di tangan saya, itu membuat api membakar tangan saya," kata Kate Wise kepada KHOU-TV di Houston.


Wise menyebut api menyebar cepat dan membakar wajahnya. Dalam hitungan 5 detik api membakar hampir seluruh tubuhnya. Saat api menyebar di tubuhnya, botol hand sanitizer di dekat lilin itu pun meledak. Beruntung Wise sempat melepaskan pakaiannya yang terbakar dan mengeluarkan putri dan seekor hewan peliharaannya dari rumahnya.


Dilaporkan stasiun tv setempat, 2 putrinya yang lain saat itu sudah berlari dahulu ke tetangga rumah mereka untuk meminta pertolongan. Hingga Kamis pekan ini, Wise masih dalam proses pemulihan di unit perawatan intensif rumah sakit. Departemen Pemadam Kebakaran Round Rock sedang menyelidiki penyebab pasti kasus kecelakaan yang menimpa keluarga Wise. 


Belajar dari kecelakaan Wise, para ahli memperingatkan para masyarakat bahwa hand sanitizer mengandung banyak bahan kimia yang di antaranya mengandung alkohol, yang mudah terbakar. Sebenarnya, di dalam kemasan botolnya telah diberi peringatan yang mengatakan untuk menjauhkan produk dari nyala api atau pembakaran. 


Direktur Konsultasi Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Virginia di bawah Departemen Tenaga Kerja dan Industri menyarankan agar masyarakat yang menggunakan hand sanitizer untuk “menunggu cairannya sepenuhnya menyerap di dalam kulit atau menguap" sebelum melakukan kontak dekat dengan api. 


“Alkohol isopropil (yang ada di hand sanitizer) sangat mudah terbakar,” katanya. Uap (bahan kimia) juga dapat membentuk campuran yang mudah meledak, dengan berpindah ke sumber penyulutan dan membakar. Ini bukanlah cairan yang terbakar, itu adalah uap yang terbakar," terangnya. ***Nadya

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved