Headlines News :
Home » , » Hasbi Dilantik sebagai Sekretaris MA

Hasbi Dilantik sebagai Sekretaris MA

Written By Info Breaking News on Selasa, 22 Desember 2020 | 17.33

Dr. H. Hasbi Hasan, SH., MH., dilantik sebagai Sekretaris MA

Jakarta, Info Breaking News  - Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA), Dr. H.M Syarifuddin SH., MH, melantik DR. H. Hasbi Hasan, SH., MH. sebagai Sekretaris Mahkamah Agung pada Selasa, 22 Desember 2020 di Ruang Kusumah Atmadja Gedung Mahkamah Agung, Jakarta. Dr. Hasbi menggantikan A.S Pudjoharsoyo yang telah habis masa jabatannya pada Agustus lalu.


Pelantikan ini berdasarkan Surat keputusan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo Nomor 193/TPA Tahun 2020 tanggal 8 Desember 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Sekretariat Mahkamah Agung.


Sebelumnya terdapat 3 nama yang lolos seleksi menjadi kandidat Sekretaris MA, yakni Kapuslitbangkum pada Balitbang MA, Hasbi, Dirjen Peradilan Militer dan TUN MA, Lulik Tri Cahyaningrum, dan Kepala Biro Umum pada Bada urusan Administrasi MA, Supandi.


Hasbi lahir di Menggala, Lampung pada 22 Mei 1967. Doktor dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, memulai karir sebagai Calon Hakim di Pengadilan Agama Sungailiat pada 1994-1997. Kemudian sebagai Hakim pada Pengadilan Agama Pangkalpinang (1997-2000) dan sebagai Hakim pada Pengadilan Agama Tenggamus (2000-2002). Hakim yang aktif menulis karya ilmiah ini juga pernah menjadi Asisten Ketua Muda Urusan Lingkungan Peradilan Agama pada tahun 2002-2005 dan juga pernah menjabat sebagai Asisten Wakil Ketua Mahkamah Agung pada tahun 2005-2007.


Ir. Soegiharto Santoso alias Hoky dari BISKOM & Info Breaking News bersama Sekretaris MA DR. H. Hasbi Hasan, SH., MH., dan Mantan Sekretaris MA Dr. H. M. Roem Nessa, SH., MH.

Alumnus Pondok Pesantren Darussalam Gontor tersebut pernah juga menjabat sebagai Direktur Pembinaan Administrasi Badan Peradilan Agama (Badilag) Mahkamah Agung pada tahun 2015. Jabatan terakhirnya sebelum akan dilantik menjadi Sekretaris Mahkamah Agung adalah Kepala Pusat Penelitian Pengembangan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung.

Pemimpin Umum BISKOM sekaligus Wakil Pemimpin Redaksi Info Breaking News, Ir. Soegiharto Santoso atau yang akrab disapa Hoky mengucapkan selamat dan sukses kepada DR. H. Hasbi Hasan, SH., MH. yang hari ini dilantik sebagai Sekretaris MA.


“Saya mengenal DR. H. Hasbi Hasan, SH., MH. sejak beliau menjabat sebagai Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama, kami sempat bersama-sama mengikuti pendidikan LEMHANNAS RI ditahun 2018, sehingga mengetahui bahwa beliau adalah sosok yang berkarakter ulet, tangguh, mandiri, disiplin, sanggup menghadapi tantangan, bertanggungjawab, berdedikasi tinggi dan mampu bekerjasama, serta tidak banyak bicara,” paparnya.


Hoky menambahkan pada tahun 2019, DR. H. Hasbi Hasan, SH., MH. berkesempatan menjadi ketua panitia untuk kegiatan seminar nasional dengan tema “Peran Undang-Undang Contempt of Court Dalam Perlindungan Kekuasaan Kehakiman Yang Mandiri dan Bebas Dari Segala Pengaruh dan Ancaman”, di Ballroom Hotel Holiday Inn Kemayoran yang berlangsung sukses. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Pusat Penelitian Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung Republik Indonesia dengan Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Cabang Khusus Mahkamah Agung, dengan menghadirkan pembicara antara lain; Prof. Dr. Bagir Manan, SH., M.CL., Dr. Jaja Ahmad Jayus, SH., M.Hum., H. Muhammad Nasir Djamil, S.Ag., M.Si., dan Prof. Dr. Harkristuti Harkrisnowo SH. ***Vincent

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved