Headlines News :
Home » » Pakar Sebut Indonesia Bakal Sulit Keluar dari Jebakan China

Pakar Sebut Indonesia Bakal Sulit Keluar dari Jebakan China

Written By Info Breaking News on Senin, 02 Agustus 2021 | 12.05



JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Pakar politik dan hukum Universitas Nasional (Unas), Saiful Anam, mengklaim Indonesia akan sangat sulit untuk keluar dari cengkeraman China.

Menurut Saiful, pemerintahan Joko Widodo seperti sudah ketagihan dengan bantuan-bantuan China. 


Ia menilai, tidak mungkin China secara sukarela mamu membantu. “China pasti sudah mengkalkulasi untung ruginya,” kata Saiful.


“Saya kira sangat sulit bagi Indonesia untuk keluar dari jebakan batman China,” lanjutnya.


Menurut Saiful, China dipastikan ingin untung dalam berbagai kerjasama dengan Indonesia sehingga tak mungkin China dengan begitu saja mau membantu Indonesia.


“Saya mengira tidak mungkin pemerintah Indonesia berani untuk meninggalkan kerjasama dengan China seperti halnya Samoa, karena Indonesia sudah terikat dan terikat dengan China,” paparnya.


Oleh karena itu, lanjut dia, China diperlakukan sangat istimewa di Tanah Air. Bahkan, pada saat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pun warga negara China bebas keluar masuk Indonesia.


“Saya menduga hal tersebut sudah ada kontrak atau deal-deal tertentu dengan pejabat atau rezim yang berkuasa saat ini, termasuk kemungkinan adanya deal untuk tidak memutus kerjasama dengan China,” klaim Saiful.


Hingga April tahun 2021, diketahui utang Indonesia ke China mencapai 21,44 miliar dolar atau setara Rp 310 Triliun. Jumlah ini meningkat sebesar 479,45 persen ketimbang 10 tahun lalu yang hanya 3.7 miliar dolar AS. ***Jeremy

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved