Headlines News :
Home » , » Pemerintah Siapkan Dana Bantuan UKT Rp 2,4 Juta per Mahasiswa

Pemerintah Siapkan Dana Bantuan UKT Rp 2,4 Juta per Mahasiswa

Written By Info Breaking News on Kamis, 05 Agustus 2021 | 11.24


JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan akan menggelontorkan bantuan untuk uang kuliah tunggal atau UKT bagi mahasiswa. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan ada 310.508 mahasiswa yang akan mendapatkan bantuan dana senilai Rp 2,4 juta.


"Selain kuota internet, ada bantuan UKT, sasarannya adalah 310.508 mahasiswa dengan UKT dibayarkan Rp 2,4 juta per mahasiswa untuk 1 semester. Sehingga anggaran yang dibutuhkan Rp 745 miliar," ungkap Sri Mulyani dalam konferensi pers daring, Rabu (4/8/2021).


Bantuan ini diberikan dalam rangka mendukung proses belajar mengajar selama masa pandemi COVID-19. Bantuan bisa digunakan untuk membayar UKT semester 3, 5, atau 7 di tahun ajaran 2021-2022.


Penerima bantuan tersebut bisa mencakup 74 persen mahasiswa aktif dari total 419.605 mahasiswa yang bukan penerima KIP ataupun program Bidikmisi.


Bantuan tersebut nantinya akan langsung ditransfer ke perguruan tinggi masing-masing. Sri Mulyani berharap tidak ada mahasiswa yang terpaksa drop out lantaran ekonomi keluarga menurun di masa pandemi COVID-19.


Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, mengatakan mekanisme penerima manfaat ini dilakukan dengan mendaftarkan diri ke perguruan tinggi masing-masing. Proses pendaftaran dimulai pada September 2021.


Setelah mahasiswa mendaftarkan diri, perguruan tinggi kemudian bakal mengajukan nama-nama tersebut kepada Kemendikbud Ristek.


"Batas maksimal Rp 2,4 juta per mahasiswa, jika UKT lebih besar dari itu, maka selisihnya menjadi kebijakan PT sesuai kondisi mahasiswa. Jadi kepada mahasiswa aktif bukan penerima KIP Kuliah dan Bidikmisi," jelas Nadiem Makarim. ***Jeremy

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved