Headlines News :
Home » » Mengenal Kota-Kota Di Kaltim

Mengenal Kota-Kota Di Kaltim

Written By Info Breaking News on Kamis, 22 Desember 2022 | 17.47


Wajah-Wajah Cantik Alami Wanita Dayak Kalimantan

Palaran City
Info Breaking News - Kalimantan Timur secara resmi bergabung kedalam Negara Republik Indonesia pada 10 April 1950. Memiliki 7 kabupaten 3 kota 107 kecamatan dan 1.032 desa/kelurahan, menjadi provinsi terluas ke empat setelah Papua, Kalteng, dan Kalbar. Fakta menariknya adalah, meskipun suku Dayak adalah yang paling identik dan terkenal, namun Kaltim dihuni berbagai macam suku daerah lain, sehingga memiliki beragam budaya. Yang patut dicontoh adalah kesemua suku tersebut mampu hidup berdampingan dengan segala perbedaan yang ada.

Berikut ini kabupaten dan kota di Kalimantan Timur yang asal namanya dari singkatan.

1. Samarinda
Ibukota Kalimantan Timur ini memiliki nama yang berasal dari singkatan 'sama-sama rendah'. Istilah itu muncul untuk menyebut pemukiman Suku Bugis yang membangun rumah rakit di atas laut. Tinggi rumah itu sejajar. Maka masyarakat setempat menyebutnya 'sama-sama rendah' sehingga disingkat menjadi Samarinda untuk menyebut nama kota. 

2. Mahakam
Nama Mahakam digunakan untuk menyebut sungai dan Kabupaten Mahakam Ulu di Kalimantan TimurMenurut cerita rakyat setempat, mahakam berasal dari dua istilah yakni 'maha' yang artinya tinggi dan 'makam' yang berarti kuburan. Akhirnya masyarakat setempat menyingkatnya menjadi Mahakam untuk menyebut nama sungai dan sekarang digunakan menjadi nama kabupaten.

3. Balikpapan
Dahulu Sultan Kutai, Muhammad Idris meminta bantuan 1000 papan kayu kepada rakyat untuk membuat istana baru. 1000 papan kayu itu diantarkan melalui sungai, namun ada 10 yang hanyut dan ditemukan di Jenebora. Kemudian ada yang menginstruksikan untuk membalik papan kayu yang hanyut tersebut. Dari situlah 'baliklah papan kayu' itu kemudian disingkat 'balikpapan'.

4. Kutai
Kutai sebenarnya merupakan nama kerajaan Hindu Budha tertua di Nusantara. Nama Kutai berasal dari penyebutan orang India Selatan. Orang India Selatan dulu menyebut daratan di Kalimantan dengan sebutan 'Queitaie'. Karena susah, maka disingkat menjadi 'kutai'.  Kini ada 3 kabupaten yang bernama Kutai. Ada Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan kutai Barat. 

5. Bontang
Bontang menjadi kabupaten dan kota terakhir di Kalimantan Timur yang namanya berasal dari singkatannama Bontang diambil dari istilah Bahasa Belanda 'bond' yang artinya kumpulan dan 'tang' yang berarti pendatang. Dahulu wilayah ini merupakan tempat bagi orang pendatang untuk saling berkumpul membentuk ikatan persaudaraan. *** Asy.Syifa R

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved