Headlines News :
Home » » Merokok Lebih Banyak Mudharatnya

Merokok Lebih Banyak Mudharatnya

Written By Info Breaking News on Rabu, 28 Desember 2022 | 17.48


Jakarta
, Info Breaking News
Telah lama diketahui, berdasarkan studi, bahwa merokok tembakau dapat membuat ketagihan. Sama halnya seperti heroin dan kokain yang merupakan zat yang sangat adiktif, menyebabkan ketagihan dan kecanduan.

Tapi apa sebenarnya yang membuat tembakau sangat adiktif? Dan mengapa banyak orang yang berjuang untuk berhenti merokok meskipun sadar akan bahayanya?

Jawabannya, ternyata, ada hubungannya dengan tembakau yang mengubah cara kerja otak kita, membuat kita menginginkan lebih, menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA)."Kecanduan terutama didefinisikan sebagai hilangnya kendali atas penggunaan suatu zat dan penggunaan terus menerus terlepas dari konsekuensinya," Bernard Le Foll, Ketua Psikiatri Kecanduan di Departemen Psikiatri di University of Toronto, mengatakan kepada Live Science.

"Begitu kecanduan suatu zat tertentu, orang akan mengalami mengidam dan/atau ingin menggunakannya lagi jika tidak menggunakannya untuk jangka waktu tertentu. Tembakau bersifat adiktif karena mengandung nikotin, zat psikoaktif dengan potensi adiktif yang tinggi," kata Le Foll.

Zat psikoaktif adalah zat yang memengaruhi cara kerja otak dan, menurut National Cancer Institute (NCI), "menyebabkan perubahan suasana hati, kesadaran, pikiran, perasaan, atau perilaku." Contoh lain dari zat psikoaktif termasuk LSD, alkohol dan kafein. 

Nikotin sangat adiktif ketika dihisap atau dibawa ke paru-paru karena "permulaan efek seperti stimulan terjadi sangat cepat melalui rute penyerapan ini," David Ledgerwood, seorang psikolog klinis di Substance Abuse Research Division di Wayne State University di Detroit, Michigan.

Sementara "pukulan" awal kenikmatan dari merokok dirasakan segera, itu juga menghilang dengan cepat, yang menurut Ledgerwood, menyebabkan perokok sering mengonsumsi produk tembakau dalam upaya untuk mencapai "pengalaman stimulan yang sama."

Saat tembakau dikonsumsi, kadar nikotin dalam aliran darah melonjak dan masuk ke otak. Begitu berada di otak besar, nikotin menempel dan mengaktifkan reseptor yang melepaskan dopamin kimia otak "bahagia", yang membuat orang merasa baik.

Akibatnya, otak perokok dengan cepat menganggap nikotin sebagai zat "merasa enak", dan akan mendambakannya kembali atau ingin menggunakannya lagi.

Selama periode ketika individu yang kecanduan tidak merokok, mereka mungkin mengalami gejala ketagihan fisik sampai otak mereka dapat menyesuaikan diri dengan tidak adanya nikotin. Gejala tersebut termasuk ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, insomnia, depresi dan kurang nafsu makan, menurut NCI.

Penelitian baru dari The Ohio State University mengungkapkan bahwa perokok paru baya jauh lebih mungkin melaporkan kehilangan ingatan dan kebingungan daripada bukan perokok. Mereka juga menemukan kemungkinan penurunan kognitif lebih rendah bagi mereka yang telah berhenti.

Penelitian dari The Ohio State University adalah yang pertama menguji hubungan antara merokok dan penurunan kognitif menggunakan penilaian diri. Metode tersebut menggunakan satu pertanyaan yang menanyakan orang-orang apakah mereka pernah mengalami kehilangan ingatan atau memori dan/atau kebingungan yang semakin memburuk atau lebih sering.

Temuan mereka tersebut telah diterbitkan di Journal of Alzheimer's Disease dengan judul "Relation Between Smoking Status and Subjective Cognitive Decline in Middle Age and Older Adults: A Cross-Sectional Analysis of 2019 Behavioral Risk Factor Surveillance System Data."

Temuan ini didasarkan pada penelitian sebelumnya yang menetapkan hubungan antara merokok dan penyakit Alzheimer dan bentuk lain dari demensia.

"Dan dapat menunjukkan peluang untuk mengidentifikasi tanda-tanda masalah di awal kehidupan," kata Jenna Rajczyk, penulis utama studi tersebut.

Ini juga satu lagi bukti bahwa berhenti merokok itu baik tidak hanya untuk alasan pernapasan dan kardiovaskular, tetapi untuk menjaga kesehatan saraf, kata Rajczyk. Rajczyk merupakan seorang mahasiswa PhD di Sekolah Tinggi Kesehatan Masyarakat Ohio State, dan penulis senior Jeffrey Wing, asisten profesor dari epidemiologi.

"Hubungan yang kami lihat paling signifikan pada kelompok usia 45-59, menunjukkan bahwa berhenti pada tahap kehidupan itu mungkin bermanfaat bagi kesehatan kognitif," kata Wing.

Perbedaan serupa tidak ditemukan pada kelompok tertua dalam penelitian ini, yang dapat berarti bahwa berhenti lebih awal memberi manfaat yang lebih besar bagi orang-orang, katanya. Data untuk penelitian ini berasal dari Sistem Pengawasan Faktor Risiko Perilaku nasional tahun 2019.

Mereka melakukan survei dan tim peneliti membandingkan pengukuran penurunan kognitif subjektif (SCD) untuk perokok saat ini, mantan perokok baru-baru ini, dan mereka yang telah berhenti bertahun-tahun sebelumnya. Analisis tersebut melibatkan 136.018 orang berusia 45 tahun ke atas, dan sekitar 11% melaporkan SCD.

Prevalensi SCD di kalangan perokok dalam penelitian ini hampir 1,9 kali lipat dari bukan perokok. Prevalensi di antara mereka yang berhenti kurang dari 10 tahun yang lalu adalah 1,5 kali lipat dari bukan perokok. Mereka yang berhenti lebih dari satu dekade sebelum survei memiliki prevalensi SCD sedikit di atas kelompok yang tidak merokok.

“Temuan ini dapat menyiratkan bahwa waktu sejak berhenti merokok itu penting, dan mungkin terkait dengan hasil kognitif,” kata Rajczyk.

Kesederhanaan SCD, ukuran yang relatif baru, dapat digunakan untuk aplikasi yang lebih luas, katanya.

"Ini adalah penilaian sederhana yang dapat dengan mudah dilakukan secara rutin, dan pada usia yang lebih muda dari biasanya kita mulai melihat penurunan kognitif yang naik ke tingkat diagnosis Penyakit Alzheimer atau demensia," kata Rajczyk.

"Ini bukan kumpulan pertanyaan yang intensif. Ini lebih merupakan refleksi pribadi dari status kognitif Anda untuk menentukan apakah Anda merasa tidak setajam dulu. Banyak orang tidak memiliki akses ke pemeriksaan yang lebih mendalam, atau ke spesialis, membuat aplikasi potensial untuk mengukur SCD menjadi lebih besar." Lanjutnya. 

Wing mengatakan penting untuk dicatat bahwa pengalaman yang dilaporkan sendiri ini tidak berarti diagnosis, juga tidak mengkonfirmasi secara independen bahwa seseorang mengalami penurunan dari proses penuaan normal. "Tapi, itu bisa menjadi alat yang murah dan sederhana untuk mempertimbangkan mempekerjakan secara lebih luas," katanya. *** Arash

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved