Headlines News :
Home » » Arif Satria Kembali Dilantik Jadi Rektor IPB, Sejumlah Mentri Hadir Berikan Apresiasi

Arif Satria Kembali Dilantik Jadi Rektor IPB, Sejumlah Mentri Hadir Berikan Apresiasi

Written By Info Breaking News on Selasa, 24 Januari 2023 | 09.01


Jakarta, Info Breaking News - Prof Arif Satria kembali dilantik menjadi Rektor IPB University untuk masa bakti 2023-2028. Pelantikan dilaksanakan di Graha Widya Wisuda, Kabupaten Bogor. (GWW), Kampus IPB Dramaga, (18/1/2023).

Dalam sambutannya, Arif mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama membangun IPB. Arif juga mengatakan sudah saatnya semua pihak untuk berkolaborasi membangun Indonesia lebih baik.

"Karena saatnya kita ini harus saling perkuat, saling perbesar. Karena untuk menguasai dunia, kita harus punya mimpi besar. Mimpi itu gratis, bermimpilah saat kita sadar," kata Arif.


Sejumlah Menteri turut hadir dalam pelantikan tersebut. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Ganjar turut menyampaikan rasa bangga kepada sosok Arif Satria.

"Luar biasa, Pak Rektor menggambarkan bagaimana kemajuan IPB dan bagaimana kolaborasi itu dibangun sambil beliau menyampaikan tantangan masa depan yang harus direspons dari ini. Saya kira sedikit pun tidak ada meleset dari bayangan-bayangan sebuah kampus yang harus beradaptasi dengan kondisi global yang sedang berubah," kata Ganjar seusai acara pelantikan.

Khofifah juga turut mengapresiasi Arif Satria sebagai Rektor IPB University. Dia berharap, di bawah kepemimpinannya, IPB bisa memberikan manfaat yang besar untuk Indonesia.

Sangat luar biasa, saya beberapa kali hadir dalam pelantikan rektor. Tapi hari ini kita mendapatkan inspirasi yang luar biasa, visi yang luar biasa, dan strong partnership yang dibangun oleh IPB dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri sampai di tingkat desa, termasuk yang dibangun dengan Pemprov Jatim, One Village One CEO. Luar biasa, mudah-mudahan IPB terus sukses berjaya dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat nusa bangsa dan negara," tutur Khofifah.

Secara khusus dalam pidatonya, Rektor menyebutkan inovasi-inovasi IPB University yang relevan untuk mendukung kementerian terkait.  

Dalam pidatonya Rektor menyebutkan siap men-support Kementerian Pertanian untuk bisa mensukseskan swasembada kedelai dan swasembada bawang putih. IPB University memiliki teknologi yang dapat menghasilkan 4,6 ton per hektar untuk kedelai. IPB University juga memiliki beras analog, beras dari jagung, beras dari sagu, sorgum dan rumput laut.
 
Kepada Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Rektor menyinggung tentang produksi rumput laut yang melimpah yang bisa dijadikan beras analog dan dapat mengurangi risiko penyakit diabetes. Lebih lanjut, ia membahas konsep pembangunan IPB West Java Innovation Valley di Jonggol dan IPB Maritime Innovation Valley di Pelabuhan Ratu yang merupakan bagian dari hilirisasi inovasi yang meliputi komponen riset, pendidikan, wisata, pembelajaran petani dan bisnis.
 

Menanggapi hal tersebut Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan Kementerian Pertanian dengan IPB University harus sama-sama berkolaborasi. Terkait dilantiknya Prof Arif Satria. 

“Prof Arif Satria memiliki syarat menjadi pemimpin. Tidak hanya pemimpin di IPB University. Semoga IPB University semakin kuat dan Prof Arif Satria dapat menjadi penyambung kepemimpinan nasional yang semakin baik. Dia smart secara akademik dan memiliki komunikasi verbal kemanapun.” Ujar Syahrul.
 
Apresiasi juga disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. Ia sangat bersyukur bisa menghadiri acara pelantikan Rektor IPB University, Prof Arif Satria.

“Prof Arif diakui kesuksesannya tidak hanya di internal kampus, tapi juga di seluruh Indonesia. Ini tercermin tingkat kehadiran para pejabat, tokoh masyarakat, peneliti, pemikir dalam pelantikan hari ini. Tidak banyak rektor perguruan tinggi yang mendapat apresiasi sebanyak ini. Mudah-mudahan menjadi modal IPB University menjadi center of excellence untuk Indonesia bahkan dunia. Prof Arif juga menginspirasi rektor-rektor di seluruh Indonesia,” papar Sakti.

Terkait pidato Rektor IPB University yang menyebutkan pentingnya beradaptasi dengan perubahan, menurutnya, semua anak bangsa harus berubah menghadapi tantangan zaman.

“Pidato yang disampaikan tadi mencerminkan visi Indonesia, mudah-mudahan sukses,” lanjutnya.
 
Ucapan selamat juga disampaikan oleh Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan (Mendag) RI.

“Selamat, Prof Arif punya konsep terbaik. Jika masa jabatannya ditambah atau diperpanjang, saya percaya IPB university bisa jauh lebih hebat. IPB University akan lebih maju lagi. Kita doakan (Prof Arif) lebih sukses memimpin,” tuturnya. ***Jeremiah Foster
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved