Headlines News :
Home » » BNNK Balikpapan Dan Dinas Terkait Lakukan Sidak Dan Pengawasan Penjualan Liquid Vave

BNNK Balikpapan Dan Dinas Terkait Lakukan Sidak Dan Pengawasan Penjualan Liquid Vave

Written By Info Breaking News on Selasa, 24 Januari 2023 | 10.01


Palaran City
, Info Breaking NewsLiquid vape atau rokok elektrik mengandung narkotika jenis sabu-sabu cair saat ini terus menjadi sorotan pihak penegak hukum seperti kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN). Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan bahwa pihaknya akan secara tegas menindak segala penyalahgunaan narkoba di masyarakat. 

“Polri bersama BNN dan lain lain berkomitmen akan terus menindak tegas terhadap penyalahgunaan narkoba dalam bentuk apapun termasuk liquid vape,” ujar Dedi. 

Hingga saat ini pihak dari Bareskrim khususnya Dittipidnarkoba bekerjasama dengan Bea dan Cukai untuk memonitor. Sempat diketahui, Polisi bersama petugas Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta membongkar sindikat pengedar narkoba jenis sabu yang dijadikan liquid vape di sebuah rumah di Jalan Melati Nomor 19, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat.

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juharsa menyampaikan, pihaknya menggerebek tempat pembuatan atau dapur sabu liquid vape usai menerima informasi adanya upaya penyelundupan narkoba. 

"Barang bukti sebanyak 385 botol dengan berat kurang lebih 16 liter. Siap edar dan sudah ada yang siap kirim juga," tutur Mukti kepada wartawan. 

Mukti mengatakan bahwa liquid tersebut masuk dari jaringan narkoba internasional Iran-China-Hongkong dan dalam penggerebekan tersebut, satu pelaku berinisial MR telah ditetapkan sebagai tersangka.

Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) saat sidak di salah satu counter vave balikpapan

Menanggapi pengedaran liquid berisi narkoba yang tengah marak itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikpapan, Risnoto mengatakan, liquid vape yang mengandung narkoba cair disebut-sebut berasal dari industri rumahan. Hal ini sudah menjadi atensi seluruh jajarannya.

“Sama seperti kasus yang pernah kita ungkap ganja sintetis. Liquid ini sama dengan itu,” ujarnya, Senin (23/1/2023).

Lebih lanjut Risnoto menjelaskan, modus yang biasanya digunakan pembelian ialah secara online. Persis seperti peredaran sabu yang dicampurkan ke liquid vape di Jakarta Barat beberapa waktu lalu. Risnoto berpendapat, belakangan marak jaringan pengedar barang haram itu mencoba untuk memproduksi sendiri narkotika lewat industri rumahan. 

“Memang pecandu dan pengguna bisa membedakan dari kualitas,” jelasnya.

Risnoto pun memastikan jika industri rumahan tersebut justru lebih berbahaya, lantaran tidak memiliki disiplin ilmu untuk meracik narkoba seperti itu.

Oleh sebab itu dia meminta kepada masyarakat untuk bersama-sama mengawasi peredaran narkoba yang di produksi secara rumah. Ia juga menyampaikan kepada kepolisian maupun instansi lain untuk sama-sama melakukan pengawasan.

“BNNK juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap masyarakat menjual liquid,” tambahnya.

Selain itu juga dia meminta kepada masyarakat jika ada aktivitas yang mencurigakan untuk segera melaporkan baik kepada polisi maupun BNNK.

“Jangan mencoba-coba membuat atau menjual liquid cair yang mengandung narkotika apapun jenisnya itu,” tutupnya. *** Emilisa

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved