Headlines News :
Home » » Speed Boat Wisata Derawan Karam, Seluruh Penumpang Selamat

Speed Boat Wisata Derawan Karam, Seluruh Penumpang Selamat

Written By Info Breaking News on Kamis, 05 Januari 2023 | 15.38

Proses Evakuasi Yang Dilakukan Oleh Anggota TNI AL

Derawan, Kaltim
. Info Breaking News - Tanpa diduga Speedboat “Bang Baron” Bermesin 200 x 2 PK yang ditumpangi rombongan karyawan perusahaan batu bara  PT PAMA yang sedang berwisata ke Pulau Derawan, Berau karam saat melintas di perairan Ulingan, Selasa  (3/1//2023) pukul 14.00 WITA. Beruntung semua penumpang selamat. Rombongan terdiri dari  26 dewasa dan delapan anak-anak ini berangkat dari Penginapan Lapauta, Kampung Pulau Derawan untuk menuju Tanjung Redeb, sekira pukul 13.30 WITA.

"Sekitar setengah jam berlayar, speedboat dengan nama lambung “Bang Baron” tersebut mengalami kebocoran dan karam. Penyebab kebocoran kapal belum ada keterangan lebih lanjut,” jelas Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kabid BPBD) Kabupaten Berau Nofian Hidayat. 

Saat kejadian, pemandu speedboat langsung meminta penumpang untuk menggunakan life jacket atau pelampung keselamatan dan tetap tenang hingga pertolongan datang. 

“Saat menyadari hal tersebut, motoris menghimbau kepada penumpang untuk tetap tenang dan menggunakan pelampung yang tersedia,” tuturnya.

Lanjutnya, motoris kemudian melaporkan kejadian tersebut pada kantor Polsek Pulau Derawan dan TNI AL. “Penumpang berhasil dievakuasi ke Dermaga Tanjung Batu dalam keadaan selamat,” pungkasnya. 

Responsif prajurit TNI AL Lantamal XIII Tarakan turut serta dalam membantu jalanya evakuasi korban tenggelamnya Speed boat Bang Baron 02 di perairan Ulingan Tanjung Batu, Kalimantan Timur, Selasa (3/1).

Prajurit TNI Angkatan Laut (AL) yang tergabung dalam proses evakuasi ini adalah Pos Angkatan Laut (Posal) Tanjung Batu dan Pos Angkatan Laut (Posal) Derawan dalam pelaksanaan pengamanan wilayah perairan yang yang berada wilayah kerja Komando Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XIII Tarakan, yang bekerjasama dengan instansi setempat diantaranya Polsek P. Derawan, Babinsa Koramil Derawan, Dishub Pelabuhan Tanjung Batu, Polairud Polres Berau, Puskesmas Tanjung Batu dan Warga sekitar.

Berawal dengan koordinasi Danposal Tanjung Batu yang menerima informasi via telpon dari Sdr. M. Andi (Korban penumpang Speed Boat) bahwa Speed Boat “Bang Baron 02” yang ditumpanginya mengalami kebocoran dan tenggelam di Perairan Ulingan Tg. Batu pada koordinat 118 05 50 T – 02 13 50 U sebelah selatan Pelabuhan Tg. Batu jarak ± 5 Nm dan membutuhkan 2 (Dua) unit Speed Boat Ukuran 200 PK untuk proses evakuasi. Semua korban telah berhasil dievakuasi dengan selamat dan diteruskan dengan perawatan secara intensif di Puskesmas Tanjung Batu.

Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Fauzi, S.E., M.M., M.Han. menyampaikan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla dalam meningkatkan kesiapan operasional alutsista dan satuan operasi diikuti dengan kemampuan (kapabilitas) untuk menjaga tugas-tugas bersifat multidimensi, dalam hal ini seluruh prajurit Lantamal XIII akan selalu siap dalam kegiatan pengamanan wilayah perbatasan NKRI serta dalam pelaksanaan search and rescue (SAR) di perairan yang berada dibawah wilayah kerja Lantamal XIII Tarakan untuk membantu masyarakat yang dalam pelaksanaan tentunya selalu bekerjasama dengan Instansi dan lembaga terkait dan seluruh masyarakat, tegas Laksma Fauzi.*** Asy.Syifa R

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved