Headlines News :
Home » » Memegang, Memeriksa Dan membaca Gadget/HP Saat Baru Bangun Tidur Berbahaya Bagi Kesehatan

Memegang, Memeriksa Dan membaca Gadget/HP Saat Baru Bangun Tidur Berbahaya Bagi Kesehatan

Written By Info Breaking News on Jumat, 24 Maret 2023 | 13.51


Jakarta
, Info Breaking News - Setiap
 bangun tidur tentu setiap orang memiliki kebiasaan berbeda. Ada yang bangun tidur langsung mencari air minum. Ada yang mencuci muka dan gosok gigi, ada yang langsung inisiatif bersiap olahraga, tapi ada juga yang langsung cek HP saat bangun tidur.

Kebiasaan untuk langsung cek HP saat bangun tidur lebih baik jangan lagi dilakukan. Ternyata efeknya sangat membahayakan kesehatan karena menyebabkan masalah yang bisa terjadi jika terbiasa kalau melihat hp setelah bangun tidur. Diantaranya :

Meningkatkan stres dan kecemasan

Kita akan segera dibombardir dengan tumpukan, pesan, e-mail, pemberitaan negatif yang ada di sekitar, dan lain sebagainya. Hal-hal ini akan menciptakan perasaan stres dan cemas seharian. Rangsangan eksternal yang diberikan ponsel tidak memberi kita waktu dan ruang untuk memulai hari dengan tenang.Hal ini pun didukung riset yang dilakukan University of Gothenburg di Swedia.

Tim ahli yang melakukan riset pada pengguna ponsel pintar (smartphone) berusia 20 tahunan ini menemukan, penggunaan ponsel yang tinggi berkorelasi pada peningkatan depresi, baik pada pria maupun wanita. Lebih lanjut, studi ini mengukur efek penggunaan ponsel pada orang berusia 20-an selama setahun dan menemukan penggunaan ponsel yang tinggi secara langsung berkorelasi dengan peningkatan laporan depresi baik untuk pria dan wanita.

Waktu dan perhatian tersita

Dengan mengecek media sosial, kita bisa menemukan berbagai macam hal dan opini dari banyak orang. Hal ini bisa membuat otak sudah dipenuhi pikiran sejak terbangun. Tanpa disadari bahwa pikiran, ide, dan fokus sedang dibajak oleh isi pesan, e-mail, dan informasi lain dari ponsel. Dibanding memeriksa ponsel, disarankan agar kita melakukan aktivitas yang dapat merangsang otak, seperti membaca, meditasi, membuat jurnal, memprioritaskan jugas, menjadwalkan hari, atau meluangkan waktu membuat sarapan sehat.

Otak terganggu sepanjang hari

Sepanjang hari, kita akan lebih mudah teralihkan dari tugas alias kurang fokus. Hal ini pun bisa mengacaukan produktivitas sepanjang hari. Oleh sebab itu, berhentilah memeriksa ponsel setelah bangun tidur demi menjaga kesehatan otak.

Sudah waktunya untuk membuat beberapa perubahan. Hal ini dilakukan untuk membantu membatasi dampak negatif pada kehidupan seseorang. 

Pikirkan apa tujuan menggunakan gadget, apakah ingin lari dari masalah atau memang benar-benar membutuhkannya? Apabila lari dari masalah, kenali masalah tersebut dan selesaikan. Hal ini dapat mengurangi kecemasan seseorang dan perilaku kompulsif terhadap gadget.

Pendekatan terapeutik ini membantu menerangi hubungan antara pikiran, perilaku, dan emosi. CBT mungkin efektif dalam menyeimbangkan perubahan kimia otak yang terkait dengan kecanduan gadget. Jika tertarik dengan jenis terapi ini, seseorang bisa datang ke ahli kesehatan mental untuk berkonsultasi. 

Kecanduan gadget juga bisa dengan mencoba coba trik dibawah ini :

- Hapus aplikasi yang menghabiskan waktu dari gadget dan pasang beberapa aplikasi yang benar-benar dibutuhkan

- Ubah pemberitahuan notifikasi untuk mengurangi intensitas mengecek gadget

- Matikan gadget pada malam hari untuk menghindari terbangun di malam hari demi mengecek gadget.

- Lakukan beberapa hobi baru dan perbanyak kegiatan di dunia nyata, seperti berkebun, membaca buku, bermain board game, berbincang dengan teman, melukis, dan lain sebagainya. ***Emilisa

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved