Headlines News :
Home » » Hakim Agung Sunarto Melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan Strategis Deputi Gubernur BI

Hakim Agung Sunarto Melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan Strategis Deputi Gubernur BI

Written By Info Breaking News on Rabu, 19 April 2023 | 02.02

Dr. Sunarto, SH MH

Jakarta, Info Breaking News -
 Wakil Ketua Mahkamah Agung Dr. Sunarto, SH MH, melantik dan melakukan sumpah jabatan kepada  Filianingsih Hendarta, barulah perempuan karier bankir senior ini sah menjabat orang penting dalam mengatur strategi keuangan dan peredarannya sebagaimana diatur dalam UU dan resmi diangkat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia yang akan mengemban tugas pada 2023-2028 mendatang. Ia menggantikan posisi Dody Budi Waluyo yang habis masa jabatannya pada 18 April 2023 kemaren.

Pengangkatan ini secara resmi ditandai dengan pengucapan sumpah atau janji jabatan oleh wanita yang akrab disapa Fili ini pada Selasa (18/4/2023). Adapun sebelumnya, ia menduduki posisi sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI.

Dalam kata pembuka pada proses tersebut, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Sunarto yang baru menggantikan posisi Dr. Andi Samsan Nganro SH MH, yang pada bulan kemaren purnabakti karena menurut UU harus para hakim agung harus berhenti bertugas pada saat usia pas 70 tahun, mengawali mukadimah dengan menyebutkan pengangkatannya perempuan yang kariernya sangat cemerlang sebagai Banbkir ternama Indobnesia bahkan sekaliber Menkeu Sri Muliyani itu,  berdasarkan atas Surat Keputusan Presiden (Keppres) RI No. 21/P tahun 2023 yang telah diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan memberi perintah kepada Sunarto agar melantik dan menyumpah Fili sebelum melaksanakan tugas barunya yang sangat strategis di Bank Indonesia.

"Berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 21/p tahun 2023 tanggal 15 Maret 2023, saudara Filianingsih Hendarta telah diangkat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia. Sebelum memangku jabatan Deputi Gubernur Bank Indonesia, saudara wajib mengucapkan sumpah," ucap Sunarto, yang segera menapaki puncak kariernya menjadi Ketua MA menggantikan Prof. Syarifuddin yang akan berusia 70 tahun dan harus purnabakti pula, sementara pada akhir tahun ini Sunarto masih berusia 62 tahun , sehingga masih cukup lama waktu bagi putra terbaik Madura ini membenahi MA yang redup akibat banyak hakim nya ditangkapi KPK dalam operasi OTT di MA, saat nanti akan menjabat sebagai orang nomor satu menjaga benteng terakhir pengadilan bagi para pencari keadilan di Mahkamah Agung RI.

Sunarto tampak gagah dan tegas karena memang sejatinya dia adalah merupakan anak didik terbaik yang digembeleng langsung oleh sang Maestro hukum Indonesia Ketua Mahkamah Agung RI yang ke 13 Prof. Dr. Hatta Ali, yang paling fenomenal dan pernah menjadikan MA disegani dimata dunia.

Sunarto yang dikenal strong dan tegas sepanjang karier hakimnya  itupun mengawali acara inti pelantikan Fili sebagai Deputi Bank Indonesia yang disusul dengan sumpah jabatan dihadapan para petinggi istana, dan elit Kemenkeu serta undangan lainnya.

Filianingsih Hendarta sendiri merupakan pejabat senior di Bank Indonesia, di mana dirinya mengawali karirnya di sana pada sejak1986.

"Saya berjanji akan melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab," ujarnya Fili nayris gugup karena bangga dan bercampur rasa haru, karena tidak sedikit perempuan hebat milik bangsa ini bisa mencapai jenjang strategi dimarkas tempatnya mencetak uang rupiah untuk memakmurkan rakyatnya.

" Semoga kedepan Republik ini mendapatkan anak bangsa terbaiknya sebagai pejajat teras yang amanah dan hatinya hanya untuk memakmurkan rakyat yang sudah waktunya harus merdeka dari semua kesengsaraan dan kesulitan hidup " ungkap Ibu Negara Iriana Jokowi secara terpisah kepada Info Breaking News, Rabu, 19 April 2023. *** Emil F Simatupang


Nikmati berita aktual lainnya yang penuh inspiratif secara gratis hanya tinggal klik Beranda dibawah ini
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved