Headlines News :
Home » » Gunakan Uang Tabungan Sendiri, Siswi SMA Beli Panel Surya untuk Terangi 2 Desa di Karawang

Gunakan Uang Tabungan Sendiri, Siswi SMA Beli Panel Surya untuk Terangi 2 Desa di Karawang

Written By Info Breaking News on Minggu, 04 Juni 2023 | 17.26

Kandice Kurniawan bersama perwakilan dari Desa Segaran dan Desa Segarjaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat

Jakarta, Info Breaking News
- Kandice Kurniawan, seorang siswi kelas XI di sebuah SMA swasta di Jakarta, rela menggunakan uang tabungannya sendiri untuk membantu warga di dua desa di Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang minim penerangan.

Bantuan yang diberikan berupa panel surya (solar panel) yang diberikan untuk dua desa, yakni Desa Segaran dan Desa Segarjaya.


Selain dari uang tabungan, upaya Kandice untuk menolong juga didukung oleh tambahan dana dari kerabat serta hasil pengajuan proposal ke sebuah perusahaan panel surya. 


Terhitung ada total 9 panel surya yang dibeli dan disalurkan untuk dua desa tersebut.


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, Karawang merupakan salah satu dari 5 Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang mengalami kemiskinan. Ada sebanyak 25 desa di 5 kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Karawang masuk dalam kategori tersebut.


Salah satu indikator kemiskinan adalah kurang memadainya infrastruktur. Hal inilah yang jadi penyebab mengapa masih banyak desa di Karawang yang belum mendapat penerangan.


Kandice mengaku tergerak untuk membantu setelah melakukan sejumlah penelitian. "Dari riset yang saya lakukan, ternyata masih banyak desa yang kekurangan penerangan. Nah, dari situlah saya terpikir untuk memberikan bantuan berupa solar panel," ungkapnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (3/6/2023).


"Saya memilih solar panel dibanding penerangan yang menggunakan tenaga listrik karena sumber dayanya tidak terbatas dan dapat dipakai di mana saja selama ada matahari. Selain itu ramah lingkungan, menghemat biaya listrik, dan biaya perawatannya rendah," tambahnya.


Diketahui, solar panel memiliki ketahanan lampu yang lama dan bisa bertahan 25-30 tahun.


Aksi nyata Kandice pun mendapat apresiasi dari warga kedua desa tersebut. Sekretaris Desa Segaran Wahyu Purnama merasa bersyukur warga bisa mendapatkan bantuan lampu tenaga surya dari pelajar yang sangat peduli terhadap orang lain. 


"Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan listrik tenaga surya. Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kami karena penerangan jalan di sini masih sangat kurang dan mencegah kriminalitas di desa kami," ungkapnya. Ia juga berharap titik-titik yang masih kurang penerangan seperti akses menuju Candi Jiwa dan situs yang dikelompokkan dalam Komplek Percandian Batujaya juga bisa dipasang lampu solar panel.


Lebih lanjut, siswi yang berusia 17 tahun itu juga mengutarakan mimpinya yang tak hanya ingin membantu desa-desa di Karawang, tetapi juga daerah-daerah pedalaman di Indonesia yang masih belum menikmati listrik seperti di kota-kota besar.


“Saya ingin seluruh masyarakat indonesia khususnya masyarakat di desa yang jauh dari kota dapat menikmati penerangan," tutur Kandice.


"Karena itu, saya punya mimpi besar untuk membuat lembaga sosial dengan nama Sura atau Surya untuk Rakyat. Lembaga ini nantinya akan concern pada masalah listrik di Indonesia," katanya. ***Jeremy Foster


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved