Headlines News :
Home » » Polisi Bakal Periksa Firli Bahuri Terkait Kasus Pemerasan SYL

Polisi Bakal Periksa Firli Bahuri Terkait Kasus Pemerasan SYL

Written By Info Breaking News on Jumat, 13 Oktober 2023 | 13.05


Jakarta, Info Breaking News
- Polda Metro Jaya menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri terkait dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo.

“Kalau memang sudah layak untuk diperiksa, dimintai keterangan sebagai saksi, ya kita minta keterangan. Nanti kita lihat,” tutur Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto, Jumat (13/10/2023).


Terkait detail jadwal pemeriksaan, Irjen Karyoto menjawab hal tersebut merupakan urusan penyidik. “Nanti aku tanya (penyidik). Nanti penyidik akan menjelaskan kalau ada jadwal-jadwal, aku nggak tahu secara detail,” tuturnya.


Sebelumnya, Polda Metro Jaya meningkatkan status dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK RI dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian (Kementan) RI ke tingkat penyidikan usai penyelidik melakukan gelar perkara.


"Dari hasil pelaksanaan gelar perkara dimaksud, selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status penyelidikan ke tahap penyidikan," kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak, Sabtu (7/10/2023).


Ade menyebut pihaknya menyelidiki kasus ini berdasarkan aduan masyarakat pada 12 Agustus 2023. Polisi pun segera melakukan penelaahan dan verifikasi hingga pengumpulan bahan keterangan.


Selanjutnya, Surat Perintah Penyelidikan terbit pada 21 Agustus 2023 sehingga polisi mencari dugaan tindak pidana korupsi. Terakhir, penyelidik melakukan gelar perkara pada Jumat (6/10/2023) lalu.


Ade Safri mengatakan ada 3 dugaan kasus yang ditemukan, yakni pemerasan, penerimaan gratifikasi, atau penerimaan hadiah terkait penanganan kasus di Kementerian Pertanian (Kementan).


"Peningkatan status penyelidikan ke tahap penyidikan dalam dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan atau penerimaan gratifikasi atau penerimaan hadiah atau janji oleh pegawai negeri atau penyelenggara negara terkait permasalahan hukum di Kementerian Pertanian RI pada sekitar kurun waktu 2020-2023," jelasnya.


Informasi terbaru, Polda Metro juga turut memeriksa ajudan Firli Bahuri bernama Kevin sebagai saksi. ***Sam Bernas


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved