Headlines News :
Home » » Begini Cara Mengetahui Foto Asli Atau Palsu Editan AI

Begini Cara Mengetahui Foto Asli Atau Palsu Editan AI

Written By Info Breaking News on Rabu, 21 Februari 2024 | 15.37


Singapore, Info Breaking News -
Awas jangan tertipu dengan kecanggihan tehnologi yang kini sanggup melakukan banyak hal persis aslinya, kecuali secara teliti pula untuk mengetahui asli atau palsunya.

Dengan teknologi yang semakin mudah dan canggih, wajah orang bisa dibuat palsu menggunakan artificial intelligence (AI). Wajah AI bisa digunakan untuk kejahatan, seperti penipuan atau pemalsuan identitas.

Untuk itu, kita tidak boleh mudah percaya dengan orang yang hanya kita kenal dari dunia maya. Simak artikel ini untuk mengetahui 7 cara mengidentifikasi wajah palsu hasil AI generator.

Cara Mengetahui Wajah Hasil AI
Berikut ini 7 cara mengetahui wajah palsu hasil AI generator yang dilansir dari situs Quartz, University of California Berkeley, dan Make Use Of:

1. Wajah Asimetris
Cara mengetahui wajah hasil AI antara lain dengan mengecek wajah apakah simetris atau tidak. Wajah hasil AI bisa saja tidak sempurna, sehingga mungkin wajah tersebut asimetris.

Kamu bisa membuat garis vertikal dan horizontal yang berpotongan hingga membagi wajah menjadi empat bagian. Kamu bisa membandingkan mata, alis, telinga kiri dan kanan, serta bibir.

2. Perhiasan
Cek juga pernak-pernik yang dipakai orang tersebut, misalnya perhiasan atau kacamata. Jika menggunakan anting-anting, apakah ada di kedua telinga dan apakah jenis dan bentuknya sama.

Demikian juga kacamata. Terkadang ada bagian frame yang tidak tepat posisi maupun bentuknya. Namun, mungkin hal ini lepas dari pandangan karena tidak memeriksa dengan detail.

3. Gigi
Algoritma AI mungkin tidak mengetahui jumlah atau orientasi gigi, bagaimana seharusnya gigi anak-anak dan dewasa. AI memungkinkan seseorang hanya memiliki gigi seri tanpa gigi geraham. Maka gigi bisa menjadi tanda wajah tersebut dibuat oleh AI.

4. Pakaian
Biasanya wajah AI hanya menampilkan foto close up dengan sedikit menampilkan bagian pundak. Bagian pundak ini biasanya menggunakan pakaian.

Namun terkadang pakaian ini menunjukkan keanehan, misalnya lengan kiri dan kanan yang tidak sesuai, atau kerah bagian kanan dan kiri leher yang berbeda.

5. Background
Wajah hasil AI biasanya berlatar belakang sesuatu yang blur. Terkadang latar belakang ini menggambarkan sesuatu yang abstrak, blur, dan terlihat aneh.

Selain itu, kadang terdapat bagian tubuh yang ikut menjadi aneh, seperti rambut yang tidak menyatu dengan kepala.

6. Cek Deskripsi dan Watermark
Jika kamu melihat wajah dari postingan media sosial, jangan lupa baca deskripsi, judul, maupun cek adanya watermark dalam gambar. Bisa jadi sebenarnya pengunggah sudah menyebutkan bahwa foto itu adalah hasil AI, namun kita tidak membacanya.

7. Gunakan Aplikasi
Cara terakhir adalah menggunakan aplikasi pendeteksi wajah palsu. Aplikasi ini bisa untuk mengecek wajah apakah simetris atau tidak, bentuk gigi, pakaian, hingga background foto.

Demikian tadi 7 cara mengetahui wajah palsu hasil AI generator yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.*** Mia


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved