Headlines News :
Home » » Pihak Pansel Datangi KPK

Pihak Pansel Datangi KPK

Written By Info Breaking News on Jumat, 14 Juni 2024 | 10.54


Jakarta, Info Breaking News - P
anitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK periode 2024-2029 menggelar audiensi dengan pimpinan KPK. Ketua Pansel, Muhammad Yusuf Ateh, mengaku menerima masukan soal sosok pimpinan yang dibutuhkan KPK saat ini.

"Banyak sekali informasi yang disampaikan tadi tentang kelembagaan KPK, sosok yang diharapkan, kesulitan-kesulitan, kekurangan, dan kelebihan yang menjadi pengalaman beliau-beliau ini (pimpinan KPK) selama periode ini sudah kami catat," kata Yusuf di gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (14/6/2024).

Pansel bertemu dengan Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango serta Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Johanis Tanak, dan Nurul Ghufron. Pansel juga mengadakan pertemuan dengan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan serta Sekjen KPK Cahya H Harefa.

Yusuf mengatakan Pansel telah meminta bantuan KPK untuk profiling capim KPK. Profiling bakal menjadi salah satu acuan Pansel dalam menyeleksi para capim KPK.

"Kami minta bantuan nanti untuk memberikan clearance pada calon-calon pimpinan KPK yang nanti akan mendaftar dalam seleksi ini," ujar Yusuf.

"Nanti kami akan sampaikan ke KPK itu. Nggak hanya ke KPK sebenarnya, ke beberapa lembaga lainnya kami minta informasi itu ya," sambungnya.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan pihaknya telah membeberkan kriteria ideal sosok calon pimpinan KPK kepada anggota Pansel. Alex berharap capim yang dipilih Pansel bisa menjawab tantangan KPK.

"Tadi sudah kami sampaikan terkait dengan kondisi KPK dan terkait dengan profil pimpinan yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan KPK, karakteristik KPK, dan harapan-harapan pimpinan untuk pimpinan berikutnya tentu saja," ucap Alex.

Alex juga menjelaskan permintaan Pansel kepada KPK untuk melakukan profiling kepada sosok capim. Menurutnya, KPK akan melihat laporan kekayaan para capim hingga memastikan capim bersih dari keterlibatan di kasus korupsi.

"Kalau dia pejabat apakah patuh terhadap laporan LHKPN. Kemudian terkait juga apakah ada laporan terkait dengan calon pimpinan atau calon pejabat itu terkait dugaan pelanggaran atau pidana korupsi. Kan bis saja karena ada pihak yang melaporkan,"ujar Alex.

Pendaftaran capim KPK dan Dewan Pengawas KPK periode 2024-2029 akan dibuka pada 26 Juni bulan ini. Masa pendaftaran akan berakhir pada 15 Juli mendatang.*** Armen


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved