Headlines News :
Home » » Gempar Buah Kecubung Bikin 44 Orang Masuk RS Jiwa di Banjarmasin

Gempar Buah Kecubung Bikin 44 Orang Masuk RS Jiwa di Banjarmasin

Written By Info Breaking News on Minggu, 14 Juli 2024 | 08.44


Palaran City, Info Breaking News -
 Tragedi memiluhkan yang tidak patut dicontoh bagi sejumlah orang yang kecanduan narkoba, akibat tak punya uang akhirnya memakan buah kecubung yang lebih dasyat gilanya ketimbang daun ganja.

Hal ini membuat Puluhan orang di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) diduga mabuk kecubung, sebanyak 44 orang dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan dua orang di antaranya meninggal dunia karena diduga mabuk kecubung.

"Update per hari ini (Kamis) itu sekitar 44 pasien, kemudian terdata sementara wanita ada 3 orang dan sampai detik ini ada dua yang meninggal, mudah-mudahan tidak terdampak lagi," kata Kasi Humas dan Informasi RSJ Sambang Lihum, Budi Harmanto, saat berbincang dengan media, Minggu, (14/7/2024).

Budi mengatakan para pasien yang dirawat mengalami halusinasi hebat. Sehingga, dokter yang menangani memberikan mereka obat penenang.

"Makanya karena tingkat dosis masing-masing berbeda jadi ada yang tidak sadarkan diri, ada yang meninggal, ada yang masih sadar tapi meracau (berbicara sendiri), jadi dari dokter memberikan obat penenang," jelasnya.

Lalu, apa itu kecubung? Mengapa kecubung bisa menyebabkan halusinasi? Berikut penjelasannya.

Tentang Tanaman Kecubung
Berdasarkan informasi dari "Buku Saku Tanaman Obat: Warisan Tradisi Nusantara untuk Kesejahteraan Rakyat" oleh Kementerian Pertanian RI, Kecubung memiliki nama latin Datura fastuosa dengan famili Solanaceae. 

Berikut ciri-ciri tanaman kecubung.

Bunga besar menjuntai dan bermahkota menyerupai lonceng berwarna putih, kuning, krem, orange, atau merah.

Bentuk buah yang unik, berbentuk bulat, hijau berduri berukuran sedang sebesar bola tenis.
Kecubung dikenal sebagai salah satu tanaman yang dimanfaatkan sebagai pengobatan alami. Namun, perlu diwaspadai dibalik khasiat dan manfaatnya, kecubung juga mempunyai kandungan senyawa aktif yang memberikan efek racun bagi yang mengonsumsinya. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian dalam memanfaatkan tanaman ini.

Khasiat Tanaman Kecubung untuk Kesehatan
Berikut beberapa khasiat dari tanaman kecubung untuk kesehatan.

Mengatasi kulit bengkak
Kecubung membantu meredakan masalah bengkak pada kulit. Gunakan daun kecubung segar yang dicampur dengan minyak kelapa, lalu panggang, remas, dan tempelkan pada kulit yang bengkak
Mengatasi sembelit
Daun kecubung yang diremas dan ditempatkan di perut juga dapat membantu meredakan sembelit serta memberikan bantuan alami bagi mereka yang sering mengalami masalah pencernaan. Cara ini juga sekaligus bisa meredakan nyeri haid dan sakit perut.
Perawatan ketombe

Untuk masalah ketombe, masukkan 7 helai daun kecubung kering dan 5 sendok makan minyak kelapa ke dalam botol dan tutup rapat. Panaskan di bawah sinar matahari selama 7 hari, lalu oleskan pada kulit kepala 2 kali sehari pagi dan sore.
Meredakan Reumatik
Daun kecubung 14 helai dirajang dan dijemur kemudian ditambah minyak kelapa 10 sendok, lalu simpan campuran tersebut selama 3 hari. Peras dan pisahkan minyaknya kemudian dihangatkan, gosokkan pada bagian yang nyeri. Bila perlu, tambahkan sedikit minyak kayu putih.

Terkilir/keseleo
Campurkan 14 helai daun kecubung dengan 2 buah serai dan cacah halus, tambahkan minyak kelapa 2 gelas, lalu gosok pada bagian yang sakit. Proses pemanasan dan pemijatan dengan minyak tersebut membantu mengurangi ketidaknyamanan pada area yang terkilir.
Kecubung Bisa Sebabkan Halusinasi
Dilansir situs Badan Narkotika Nasional (BNN), kecubung merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki efek lebih berbahaya bagi tubuh. Tanaman tersebut sering disalahgunakan orang menjadi zat adiktif, seperti narkoba.

Tanaman Borrachero atau bunga kecubung mudah ditemukan di Indonesia. Meskipun bukan termasuk golongan narkotika, bunga kecubung kerap digunakan sebagai penghilang kesadaran atau sebagai zat pembius, sebab daun kecubung berkhasiat anestesi. Hal itu karena tanaman ini mengandung metil kristalin yang mempunyai efek relaksasi.

Dalam situs Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, disebutkan bahwa kecubung mengandung senyawa kimia alkaloid. Senyawa jenis ini terdiri atas atropin, hiosiamin, dan skopolamin yang bersifat antikholinergik. Kecubung juga mengandung hiosin, zat lemak, kalsium oksalat, meteloidina, norhiosiamina, norskopolamina, kuskohigrina, dan nikotina.

Sifat kecubung yang bisa memabukkan membuat tanaman itu termasuk dalam daftar 15 tanaman yang diusulkan Kementerian Kesehatan untuk masuk dalam golongan narkotika. Konon, efek mabuk dari kecubung jauh lebih dahsyat ketimbang ganja. Itulah mengapa sering terdengar cerita orang berhalusinasi atau tidak sadarkan diri sampai berhari-hari karena mengonsumsi kecubung.*** Lisa AF


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved