Headlines News :
Home » » IKN Dimata Maestro Hukum Hatta Ali

IKN Dimata Maestro Hukum Hatta Ali

Written By Info Breaking News on Rabu, 10 Juli 2024 | 14.23


Jakarta, Info Breaking News -
Maestro Hukum Indonesia Prof.Dr. Hatta Ali, SH MH, yang merupakan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia ke 14 
mengatakan berdirinya  pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur memiliki peran besar untuk pemerataan pembangunan, terutama wilayah Timur Indonesia. 

Salah satu upaya mempertegas peran IKN dalam meningkatkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan di wilayah Timur Indonesia, adalah dengan akan dibuatnya Terusan Khatulistiwa yang memotong secara siginifikan kecepatan waktu dari berbagai penjuru tanah air terutama pada sisi keterbelakangan daerah yang selama ini dirasakan oleh banyak masyarakat terpencil seakan terisolasi dan menjadi lambat berkembang.

"Dari berbagai pandangan elemen masyarakat dan para tokoh terutama di Indonesia, khususnya di Kalimantan Timur sendiri, mereka melihat IKN memang memiliki peran besar itu. IKN seperti penarik ekonomi seperti cahaya untuk percepatan kawasan Timur Indonesia," ungkap Hatta Ali, saat berbincang dengan wartawan, Rabu (10/7/2024)

Lebih lanjut putra terbaik Makassar ini mengungkapkan Terusan Khatulistiwa dibuat sebagai salah satu upaya dari peran IKN dalam meningkatkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan wilayah Timur Indonesia.

Terusan Khatulistiwa ini dibuat sepanjang 72 kilometer berada di leher pulau Sulawesi, tepatnya di Teluk Tomini. Terusan ini nantinya dapat memperpendek jarak dan waktu perjalanan transportasi laut, dan mempermudah pendistribusian barang ke wilayah IKN ataupun sebaliknya, yang selama ini sangat jauh jarak tempuhnya dan memboroskan enerji dan biaya.

Sebelum adanya terusan ini, masyarakat dari timur Indonesia yang ingin menuju wilayah IKN menghabiskan banyak bahan bakar dengan berputar menempuh perjalanan sejauh 2.000 mil. Adanya terusan ini dapat menjadi solusi jalan pintas untuk lalu lalang masyarakat.

"Diharapkan masyarakat dari sejumlah kota sepeti Papua, Gorontalo, Manado dan lainnya, tidak perlu berputar jauh, tapi melalui terusan ini bisa langsung pulang kerja ke IKN. Dengan begini, roda perekonomian akan berputar dampaknya adalah kesejahteraan," kata Hatta Ali yang kini menjadi Ketua Parodi Fakultas Hukum Universitas Pancasila Jakarta.

Dia menambahkan akan ada banyak rencana selain Terusan Khatulistiwa yang akan mengikuti perkembangan IKN agar semakin sempurna.

"Keberadaan IKN yang merupakan maha karya Presiden Joko Widodo, Presiden RI ke 7 itu adalah sesuatu yang fenomenal, karena selain tujuan dan misi awalnya memang untuk memeratakan pembangunan dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia, sesuai amanat konstitusi kita, kini menjadi sebuah ibukota yang paling megah dan didukung tehnologi canggih, smart city serta menjaga dan menjadikan Kalimantan Timur menjadi paru paru dunia yang membuat Ibukota Nusantara menuju masa jayanya" pungkasnya.

Dalam hitungan beberapa hari kedepan, IKN sjdah teraliriri air minum bersih seperti disejumlah negara maju, dimana air mineral langsung keluar dari kran dan bisa diminum karena sudah diolah secara modern di kawasan Bendungan Sepaku.

Apalagi jaringan internetnya 5G sehingga sangat cepat terkoneksi kedunia luar, membuat IKN setara dengan Dubai. *** Emil Simatupang.

Baca berita terkini lainnya, hanya tinggal klik Beranda dibawah ini
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved