Headlines News :
Home » » Saatnya Indonesia Rancang Angkatan Siber Seperti Negara Maju Lainnya

Saatnya Indonesia Rancang Angkatan Siber Seperti Negara Maju Lainnya

Written By Info Breaking News on Selasa, 20 Agustus 2024 | 12.07

Bambang Soesatyo

Jakarta, Info Breaking News -
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengusulkan dibentuknya matra baru TNI Angkatan Siber. Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi mengatakan negara tetangga Singapura telah memiliki angkatan siber tersebut.

"Ya kalau merujuk di Singapura, sudah ada matra pertahanan siber militer (DCO). Hal ini sejalan dengan semakin luas konektivitas kegiatan sehari-hari dengan ruang siber/digital (Internet of Things, IoT), dan banyaknya serangan siber baik di ranah sipil dan militer walau belum fatal," kata Bobby kepada wartawan, Selasa (20/8/2024).

Namun demikian, kata Bobby yang juga politikus Partai Golkar ini, pembentukan unsur siber tergantung tingkatannya. Menurutnya, pengaturan unsur siber di ruang pertahanan akan diatur melalui undang-undang.

"Pembentukan unit siber ini tergantung tingkatannya, bila di tingkat UU yang mengatur secara rinci ruang pertahanan, maupun bila hanya sifatnya taktis fungsional dapat dengan peraturan di bawah UU. Idealnya dengan UU," jelasnya.

Menurut, Bobby pembentukan matra baru di tubuh TNI tentu membutuhkan proses yang panjang. Dia menyebut infrastruktur pertahanan siber lebih dulu harus terkomando dengan baik.

"Ya membentuk matra baru itu panjang prosesnya, harus ada kesinambungan dalam banyak hal (mandatory). Paling tidak infrastruktur pertahanan siber dalam organisasi sudah terbentuk dan terkomando dengan baik," tuturnya.

Bamsoet Usul Matra Angkatan Siber
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD, serta pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini. Bamsoet kembali mengangkat wacana pentingnya pembentukan matra keempat di TNI, yakni Angkatan Siber.
Bamsoet mulanya menyoroti keamanan siber di RI yang masih perlu ditingkatkan. Dia mengungkit permasalahan dugaan peretasan data pemerintah.

"Ketahanan keamanan siber di Indonesia juga masih perlu peningkatan. Ini terkait juga dengan kasus peretasan data nasional, yang mengisyaratkan urgensi ketersediaan lembaga pemerintah yang berfokus pada keamanan siber, termasuk peraturan hukum," ujar Bamsoet di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Bamsoet lantas mendorong pembentukan Angkatan Siber sebagai matra keempat TNI. Menurutnya, matra itu dapat memperkuat tiga matra yang sudah ada di TNI, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

"Untuk itu, sudah saatnya Indonesia segera mempersiapkan pembentukan matra ke-IV Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan menghadirkan Angkatan Siber. Kehadirannya untuk memperkuat tiga matra yang sudah ada," katanya.*** Iqbal


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved