Headlines News :
Home » , , » Profil Hakim Sobandi yang Kini Jadi Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI

Profil Hakim Sobandi yang Kini Jadi Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI

Written By Info Breaking News on Jumat, 01 Oktober 2021 | 05.10

Dr. H. Sobandi, S.H., M.H,

JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Hakim karier Sobandi dilantik menjadi Kabiro Hukum dan Humas MA menggantikan almarhum Abdullah sejak   dilantik pada 23 Juli 2021.

Sebelumnya  sebagai Wakil Ketua (Waka) PN Jakpus Sobandi yang baru sebulan dijalankanya, kemudian dilantik oleh   Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Hasbi menjadi Kepala Biro (Kabiro) Hukum dan Humas MA. Nama Sobandi dikenal publik saat memimpin sidang kasus First Travel dengan kerugian jemaah mencapai Rp 1 triliun.

Lebih dekat dengan Sobandi 

"Saya siap 24 jam dalam 7 hari bekerja sama, membantu, menjawab segala pertanyaan dari rekan-rekan media. Saya akan menjadi sahabat bagi kalian,"ujarnya setelah dilantik menjadi Kabiro Hukum dan Humas MA.

"Tentu saja ada syaratnya, jangan pernah memaksa saya untuk membuka info yang sifatnya masih off the record," ujar mantan Wakil Pengadilan Negeri Jakarta Pusat itu.

Mahkamah Agung menurut Sobandi bukanlah milik seseorang, bukan pula milik Mahkamah Agung itu sendiri, namun Mahkamah Agung adalah sebuah lembaga milik masyarakat Indonesia.

Untuk itu, Sobandi pun mengajak rekan media untuk mencintai dan menjaganya bersama-sama. Salah satunya yaitu dengan cara memberikan masukan, saran, dan kritik demi menjaga lembaga agar selalu bisa dicintai bersama.

Sobandi yang bernama lengkapnya Dr. H. Sobandi, S.H., M.H, adalah seorang ayah dari tiga orang anak. Pria yang berasal dari Karawang ini lahir pada 4 Februari 1969.

Perjalanan karirnya di mulai sebagai calon hakim di Pengadilan Negeri Brebes pada tahun 1996.

Alumnus Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin tersebut bertugas pertama kali sebagai hakim di Pengadilan Negeri Blangkejeren, Aceh (2000-2001).

Kemudian profesinya sebagai hakim membawanya pindah tugas dari satu pengadilan negeri ke pengadilan negeri lainnya.

Di laman situs Mahkamah Agung, Sobandi pernah bertugas di Pengadilan Negeri Sungai Penuh Jambi selama lima tahun (2001-2006). Kemudian pernah juga di Pengadilan Negeri Kandangan, Kalimantan Selatan (2006-2008). Lalu Hakim di Pengadilan Negeri Indramayu, Jawa Barat(2008-2010). Dan selanjutnya Pengadilan Nageri Batam (2010-2013).

Sebelum dilantik sebagai Kepala Biro Hukum dan Humas MA pada 30 Agustus 2021 lalu, Sobandi pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kayuagung, Ketua Pengadilan Negeri Sekayu, Ketua Pengadilan Negeri Rantau Prapat, Ketua Pengadilan Negeri Depok, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Denpasar, Ketua Pengadilan Negeri Denpasar, dan Wakil ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Hakim yang pernah menjadi dosen pada Fakultas Hukum Universitas Islam Bandung itu kerap mengisi waktu luangnya dengan menulis karya ilmiah, di antaranya yaitu buku dengan judul Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia dan Limitasi Hakim Gagasan Rekontruksi Kewenangan Pengadilan Niaga. *** Emil F Simatupang. 

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved