Headlines News :
Home » » DPR Bakal Kunjungi Kediaman Andika Perkasa Sore Ini untuk Verifikasi Faktual

DPR Bakal Kunjungi Kediaman Andika Perkasa Sore Ini untuk Verifikasi Faktual

Written By Info Breaking News on Minggu, 07 November 2021 | 11.22

KSAD Jenderal Andika Perkasa saat menghadiri fit and proper test calon Panglima TNI

JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - DPR RI akan segera melakukan verifikasi faktual dengan mengunjungi rumah Jenderal Andika Perkasa yang berlokasi di Patal Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (7/11/2021).

Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari rangkaian ujian yang harus dilalui Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI. Rencananya, Komisi I DPR RI akan menyambangi rumah Jenderal Andika pada pukul 16.00 WIB.


Dari Komisi I DPR RI, yang hadir dalam verifikasi faktual ini terdiri dari dua perwakilan masing-masing fraksi yang ada di komisi tersebut.


Selain sebagai rangkaian ujian, verifikasi faktual juga dilakukan guna memastikan kebenaran berkas atau dokumen yang diserahkan Andika kepada Komisi I DPR RI, juga sekaligus untuk memperkenalkan lebih dekat lagi anggota Komisi I kepada calon panglima TNI tersebut.


Salah satu anggota Komisi I yang ikut adalah Syafullah Tamliha dari Fraksi PPP.  Tamliha mengungkapkan anggota yang hadir dalam verifikasi faktual tersebut diantaranya 5 pimpinan Komisi I sebanyak 5 orang dan Kepala Kelompok Fraksi (Kapoksi) sebanyak sembilan orang.


Hal senada juga disampaikan anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Bobby Adhityo Rizaldi. Kunjungan verifikasi faktual merupakan bagian dari rangkaian fit and proper test. Selain itu, juga tradisi yang dilakukan parlemen seusai fit and proper test.


Bobby menerangkan perwakilan yang ikut berkunjung ke rumah Andika Perkasa terdiri dari dua orang dari tiap fraksi. Nantinya, perwakilan hadir dari dari partainya adalah Meutya Hafid dan Lodewijk Paulus.


Seperti diketahui, Komisi I DPR RI pada Sabtu (6/11/2021) memutuskan secara resmi untuk menyetujui Jenderal Andika Perkasa menjabat Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.


Keputusan itu diambil setelah gelaran Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) oleh Komisi I DPR. Rapat itu terkait penyampaian strategi dan kebijakan hingga pendalaman pertanyaan oleh fraksi-fraksi.


“Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan Calon Panglima Jenderal TNI Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI,” kata Meutya Hafid, Ketua Komisi I DPR RI seusai RPDU.


Selanjutnya sebagai bagian rangkaian fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan, Komisi I akan mendatangi rumah Andika Perkasa pada Minggu (7/11/2021).


Meutya mengatakan surat persetujuan akan diteken pimpinan Komisi I dan akan dibawa ke rapat paripurna DPR terdekat. ***Winda Syarief


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved