Headlines News :
Home » » Mensos Pastikan Bantuan untuk Korban Erupsi Semeru Terdistribusi

Mensos Pastikan Bantuan untuk Korban Erupsi Semeru Terdistribusi

Written By Info Breaking News on Minggu, 05 Desember 2021 | 18.12

Mensos Risma saat tengah membagikan makanan ringan bagi para pengungsi korban erupsi Semeru

LUMAJANG, INFO BREAKING NEWS - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memastikan bantuan logistik bagi korban erupsi Gunung Semeru akan segera terdistribusi. 

Hal itu ia sampaikan saat meninjau kesiapan dapur umum di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021).


Menurut laporan Kementerian Sosial (Kemensos), Risma tiba di Kabupaten Lumajang pukul 04.00 WIB dan langsung menuju dapur umum yang didirikan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Kecamatan Pronojiwo, Kecamatan Pasirian dan Kecamatan Candipuro.


Dalam perjalanan, Risma sempat beberapa kali berhenti untuk membagikan bantuan makanan dan di tengah hujan deras dia juga turun dari mobil untuk membantu mengais batu dan pasir untuk menutupi lubang di jalan.


Pada peninjauan di Kecamatan Candipuro, Mensos memeriksa daftar pengungsi untuk memastikan kemampuan dapur umum memenuhi kebutuhan pengungsi.


Di kesempatan itu ia mengingatkan posisi dapur umum yang masuk area rawan dan meminta jajaran Kemensos memindahkannya ke lokasi aman.


Kehadiran Mensos untuk melihat dari dekat pemenuhan tugas penanganan bencana dari Kemensos melalui pilar-pilar sosial dan juga untuk memastikan bantuan logistik terkirim ke lokasi bencana.


Atas arahan Mensos, sejak Sabtu (4/12/2021) sore tim tanggap darurat Kemensos telah turun ke lokasi kejadian bencana. Tagana melakukan pendataan terhadap korban, merelokasi kelompok masyarakat rentan, seperti lanjut usia, penyandang disabilitas dan anak-anak ke lokasi yang lebih aman, mendistribusikan bantuan logistik dan mendirikan dapur umum.


Siang hari tadi, sejumlah bantuan dari Kemensos sudah tiba. Bantuan tersebut berupa 300 paket foodware, 400 paket kids wear, 200 paket peralatan dapur keluarga, 200 lembar tenda gulung, 20 unit tenda serbaguna merah putih, 400 lembar kasur, 20 unit velbed dan 240 paket makanan anak yang berasal dari gudang di Bekasi.


Dari gudang Rehabilitasi Sosial di Magelang dikirim bantuan berupa 180 paket makanan anak, 30 paket family kit, dan 50 lembar matras.


Selanjutnya dari gudang Provinsi Jatim disalurkan bantuan berupa 100 lembar matras, 100 paket kids wear, 50 paket sandang, 250 paket makanan anak, 50 lembar tenda gulung merah, 50 lembar kasur dan 100 paket family kit.


Sementara itu, dari Balai Rehsos Surakarta dikirimkan 100 paket family kit, 80 paket kids wear, 162 paket makanan anak, 25 lembar tenda gulung, 75 lembar matras dan 12 dus peralatan dapur keluarga. ***Dani Setiawan

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved