Headlines News :
Home » » Myanmar Tidak Akan Ikut Pertemuan Menlu ASEAN

Myanmar Tidak Akan Ikut Pertemuan Menlu ASEAN

Written By Info Breaking News on Selasa, 15 Februari 2022 | 09.22


BANGKOK, INFO BREAKING NEWS - Myanmar tidak akan berpartisipasi dalam pertemuan minggu ini para menteri luar negeri dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Kamboja. Seperti dilaporkan AP, Selasa (15/2/2022), Myanmar menolak undangan untuk mengirim perwakilan non-politik alih-alih kepala diplomatnya.

Kamboja, ketua ASEAN saat ini, menyatakan awal bulan ini bahwa anggota kelompok regional telah gagal mencapai konsensus untuk mengundang Menteri Luar Negeri Myanmar Wunna Maung Lwin ke pertemuannya pada Kamis (17/2) dan Jumat (18/2) di ibu kota Kamboja, Phnom Penh.

Wunna Maung Lwin diangkat menjadi menteri luar negeri setelah militer merebut kekuasaan di Myanmar tahun lalu, menggulingkan pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi

Keputusan untuk membatasi partisipasi Myanmar mencerminkan ketidaksepakatan atas kurangnya kerja sama Myanmar dalam menerapkan langkah-langkah yang disepakati oleh kelompok 10 anggota pada tahun lalu untuk membantu meringankan krisis politik kekerasan negara itu setelah pengambilalihan tentara.

Kepala pemerintahan junta militer Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing, tidak diundang ke pertemuan virtual para pemimpin ASEAN Oktober lalu karena perbedaan pendapat. Teguran itu dikeluarkan tak lama setelah Myanmar menolak untuk mengizinkan utusan khusus ASEAN bertemu dengan Suu Kyi, yang telah ditahan sejak militer mengambil alih kekuasaan.

“Terlepas dari upaya yang dilakukan oleh ketua ASEAN dan Myanmar untuk mempromosikan kerja sama di ASEAN, sangat disayangkan melihat kembalinya keputusan yang dibuat tahun lalu yang pada prinsipnya tidak dapat diterima oleh Myanmar,” kata Kementerian Luar Negeri Myanmar pada Senin malam.*** Yenny Liu


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved