Headlines News :
Home » » KY Mulai Teliti 55 Orang Calon Hakim Agung

KY Mulai Teliti 55 Orang Calon Hakim Agung

Written By Info Breaking News on Jumat, 04 Maret 2022 | 17.21

Hj. Siti Nurjanah, Ketua Bidang Rekrutmen KY

JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Untuk priode pertama di tahun 2022 ini pihak Komisi Yudisial (KY), melaksanakan asesmen kompetensi dan kepribadian untuk calon Hakim Agung (CHA) secara daring, yang dimulai pada tanggal 1-11 Maret 2022. Asesmen ini, merupakan salah satu rangkaian seleksi kesehatan dan kepribadian.

Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Siti Nurdjanah mengatakan, terdapat 55 calon Hakim Agung yang akan mengikuti seleksi ini. Mereka terdiri dari 36 orang dari kamar Pidana, 5 orang dari kamar Perdata, 6 orang dari kamar Agama, dan 8 orang dari kamar TUN (khusus pajak).

"Untuk calon hakim agung yang menjalani asesmen kompetensi dan kepribadian berjumlah 55 orang, yaitu 43 orang berasal dari jalur karir dan 12 orang berasal dari jalur nonkarir," ujar Nurdjanah kepada Info Breaking News, Jumat (5/3/2022) di Jakarta.

Dijelaskannya, Asesmen tahun ini masih menggunakan metode daring seperti tahun sebelumnya, akibat pandemi yang terus berlanjut. Nantinya, para calon Hakim Agung akan dibagi dalam beberapa kelas virtual, di mana para peserta akan menjalani simulasi kerja sebagai Hakim Agung.

"Para asesor untuk asesmen ini terdiri dari asesor yang berlatarbelakang psikolog, dan asesor substantif, yaitu hakim agung yang ditugaskan oleh Ketua Mahkamah Agung (MA), mantan hakim agung, dan pakar hukum. Di samping itu, untuk memperkaya penilaian kompetensi teknis para calon, tahun ini KY juga melibatkan para guru besar hukum untuk menjadi pewawancara teknis," tambahnya.

Menurutnya Nurdjanah, Asesmen kompetensi dan kepribadian ini untuk mengukur kompetensi calon yang terdiri dari dua belas kompetensi.

"Dua belas kompetensi terdiri dari integritas, profesionalisme, manajemen diri, kerja sama, komunikasi efektif, perencanaan dan pengorganisasian, kepemimpinan, pemahaman global, wawasan teknis hukum, manajemen perkara, penalaran hukum dan pembuatan putusan yudisial, serta wawasan kebangsaan dan kenegarawanan," katanya.

Seleksi ini untuk mencari delapan posisi CHA yang dibutuhkan MA, untuk mengisi 1 orang di kamar perdata, 4 orang di kamar pidana, 1 orang untuk kamar agama, dan 2 untuk kamar tata usaha negara khusus pajak.

Selain CHA, juga dibutuhkan 3 orang untuk hakim ad hoc Tipikor di MA. Rencananya, asesmen kompetensi dan kepribadian untuk calon hakim ad hoc di MA mulai dilaksanakan, Rabu (9/3) mendatang, yang juga dilakukan secara daring *** Emil Simatupang

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved