Headlines News :
Home » » Tokoh Wanita Dayak Ini Minta Otorita IKN Libatkan Penduduk Lokal

Tokoh Wanita Dayak Ini Minta Otorita IKN Libatkan Penduduk Lokal

Written By Info Breaking News on Jumat, 25 Maret 2022 | 08.42

 


Cantik dan cerdasnya tokoh Dayak ini yang memiliki gelar Dr Theresia Hossana SH, MH, yang kini menjabat sebagai Koordinator Seni dan Budaya Persekutuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT)

SAMARINDA, INFO BREAKING NEWS – Undang-undang Ibu Kota Negara (UU IKN) sudah disahkan, dan proses pembangunan IKN Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sudah dimulai.

Presiden Joko Widodo juga telah menunjuk dan melantik Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara.

Dengan adanya pembangunan IKN Nusantara di Bumi Etam – sebutan Kalimantan Timur, tokoh wanita Dayak juga Koordinator Seni dan Budaya Persekutuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT), Dr Theresia Hossana SH, MH berharap penduduk lokal dilibatkan dalam proses pembangunan Ibu Kota Negara ini.

Hal itu disampaikan Theresia Hossana di sela-sela menghadiri acara Konsultasi Publik Pelaksanaan UU IKN di Hotel Platinum, Balikpapan, Rabu (23/3/2022) kemaren.

Dikemukakan, masyarakat Kaltim, bukan saja suku Dayak, Paser, maupun Banjar, namun terdiri dari berbagai suku yang ada di Indonesia, sehingga melambangkan Bhineka Tunggal Ika.

Mengingat pembangunan IKN Nusantara segera dimulai, pihaknya sebagai orang daerah meminta agar Otorita IKN melibatkan penduduk lokal dalam pembangunan IKN sesuai kemampuan sumber daya manusia (SDM) masing- masing.

Jika mereka dilibatkan otomatis pembangunan akan berjalan dengan lancar dan mendukung penuh realisasi pembangunan IKN

“Mereka yang paling tahu tentang adat istiadat dan situasi di seputaran wilayah IKN Nusantara ini,” ujar tokoh Dayak yang sebagai pencipta lagu ini.

IKN merupakan proyek percontohan dunia, oleh karenanya PDKT berharap putra daerah dilibatkan, karena mereka memiliki kemampuan jika diberikan kesempatan.

“Putra daerah harus dilibatkan untuk ikut dalam pembangunan IKN, karena mereka generasi penerus ke depan,” ucapnya saat berbicang dengan INFO BREAKING NEWS, Jumat ,( 25/3/2022).

Theresia Hossana merasa sangat bersyukur karena pemindahan IKN ke Kaltim, tepatnya di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara merupakan anugerah hadiah terindah yang Tuhan berikan.

“Oleh sebab itu kami sangat mendukung 100 persen dan siap mengawal pembangunan IKN Nusantara ini sampai tuntas,” katanya.

Bahkan, setelah terinspirasi dengan adanya pemindahan IKN tersebut, Theresia Hossana telah menciptakan tiga lagu mengenai IKN dan NKRI.

Lagu-lagu hasilnya karyanya berjudul ‘Ibu Kota Negara Nusantara’, ‘18 Januari 2022’, dan ‘Rajutan Budaya’.

Perlu diketajui, Dr. Theresia Hosanna, selain Koordinator Seni dan Budaya PDKT juga tercatat sebagai Ketua Umum Perkumpulan Keluarga Besar Suku Kalimantan dan sebagai tokoh wanita Dayak Kaltim.

”Saya sebagai tokoh wanita Dayak Kaltim sangat bersyukur atas anugerah terindah yang Tuhan berikan, karena IKN Nusantara ada di tempat kami,” tandasnya.

Theresia Hosanna mengajak masyarakat dari berbagai daerah, suku, bangsa dan agama se Indonesia bergandeng tangan, tetap menjaga persatuan dan kedamaian NKRI. “IKN Nusantara adalah milik kita semua.”

Dan belajar dari pengalaman Ibukota selama di Jakarta yang gampang sekali terkoyak oleh demo anarkis dan segala macam carut marut kepentingan terselubung, kiranya hal hal seperti itu tidak akan terjadi di tanah Borneo yang sangat terjaga. *** Lisa AF

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved