Headlines News :
Home » » 700 Hektare Tanah di Jawa Barat Hilang Akibat Perubahan Iklim

700 Hektare Tanah di Jawa Barat Hilang Akibat Perubahan Iklim

Written By Info Breaking News on Rabu, 05 Oktober 2022 | 01.38

Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bandung, Info Breaking News - Dunia sudah semakin tua sehingga belakangan ini terlalu banyak daratan berubah menjadi sungai akibat banjir yang semakin parah, dan hal ini membuat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuktikan sendiri dampak perubahan iklim di wilayahnya. Setidaknya, lebih dari 700 hektare daratan sepanjang Kabupaten Bekasi, Karawang, hingga Subang sudah lenyap digenangi air laut.

“Yang paling buruk, kami sudah kehilangan tanah lebih dari 700 hektare. Tanah dari Bekasi sampai Subang sudah menjadi air laut. Jadi warga ketemu saya, kasih unjuk sertifikat. Dia kebingungan urus sertifikatnya. Karena dulu berbentuk tanah sekarang jadi air laut,” ujar Ridwan Kamil di Bandung, Jawa Barat, Rabu(4/10/2022).

Atas dasar itu, kata Ridwan, dampak pemanasan global sudah sampai di Indonesia. Perubahan iklim dan pemanasan global, bukan narasi negara Barat. Jangan bilang dampak perumbahan iklim masih jauh dan sebagainya. Tanah dari Bekasi sampai Karawang sudah hilang karena permukaan air laut naik.

Perubahan iklim“Di Tanjung Priok ada, satu masjid sudah terendam air laut. Jadi kita harus membangun banyak tindakan agar demi anak cucu kita semua jangan lebih buruk dari hari ini,” tambahnya.

Sementara itu Senior Manager Corp. Sustainability and Risk Management Medco Energy, Firman Dharmawan mengatakan strategi perubahan iklim yang tepat dapat memajukan perusahaan secara global dalam kinerja ESG. Strategi ini menjadi pemeran penting dalam transisi ekonomi rendah kanrbon

Dari upaya pemetaan kerentanan (vulnerability) untuk Asia Tenggara, kata Firman, bagian barat dan timur pulau Jawa menjadi hotspots dampak dari multiple hazards.

“Kategori Hazards bersifat geologis atau hidro-meteorologis termasuk gempa bumi, tsunami, letusan vulkanik, bajir, longsor, kekeringan dan kebakaran hutan. Sekitar 40% penduduk Indonesia diperkirakan akan terdampak risiko perubahan iklim,” ujarnya.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved