Headlines News :
Home » » Mau Mata Tetap Fresh Istirahatkan Total Dari Gadget

Mau Mata Tetap Fresh Istirahatkan Total Dari Gadget

Written By Info Breaking News on Senin, 10 Oktober 2022 | 14.56

ilustrasi mata sehat

Jakarta
, Info Breaking News Menatap layar komputer atau gadget terlalu lama menjadi penyebab Computer Vision Syndrome, yaitu sekumpulan keluhan yang timbul di mata akibat menatap layar dalam durasi lama. Gejalanya beragam, bisa berupa sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering, serta pandangan menjadi kabur.

Instirahatkan mata secara berkala, Jika Anda sehari-hari bekerja di depan komputer, lakukanlah Rules 20-20-20 yaitu istirahatkan mata anda selama 20 detik setiap 20 menit sekali dengan melihat obyek yang berjarak sejauh 20 feets (6 meter). Jika merasakan mata kering, Anda bisa lebih sering mengedipkan mata atau menggunakan obat tetes air mata buatan. Jika keluhan menetap atau bertambah berat, segera konsultasikan ke dokter mata.

Sinar ultraviolet memiliki efek yang berbahaya tidak hanya untuk kulit, namun juga untuk mata Anda. Mata yang terlalu sering terpapar sinar ultraviolet lebih berisiko mengalami katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, dan bahkan kanker mata.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memakai kacamata hitam yang dapat melindungi mata dari sinar UVA dan UVB saat beraktivitas di siang hari. Kacamata pengaman dan kacamata pelindung dirancang untuk melindungi mata Anda selama aktivitas tertentu, seperti berolahraga, melakukan pekerjaan konstruksi, atau melakukan perbaikan rumah.

Jika Anda memakai lensa kontak, pastikan tangan selalu bersih untuk mencegah infeksi mata. Selalu cuci tangan Anda sebelum memasang atau melepas lensa kontak. Pastikan untuk melakukan desinfeksi lensa kontak Anda dan menggantinya secara teratur.

Kesehatan mata yang baik dimulai dari makanan di piring Anda. Menurut American Optometric Association, nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, zinc, dan vitamin  A, vitamin C dan vitamin E dapat membantu mengurangi risiko masalah penglihatan terkait usia, seperti degenerasi makula dan katarak.

Nutrisi yang dibutuhkan mata tersebut bisa Anda dapatkan pada bayam, sawi, salmon, tuna, dan ikan berminyak lainnya. Tidak ketinggalan telur, kacang-kacangan, dan sumber protein non-daging lainnya. Selain itu, buah-buahan seperti jeruk dan wortel juga bagus buat kesehatan mata.

Merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina mata.

Aktif secara fisik sangatlah membantu badan Anda tetap sehat. Dengan begitu akan, Anda akan tetap pada berat badan yang ideal. Sehingga menurunkan kemungkinan obesitas dan risiko penyakit diabetes tipe 2, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.*** Carolina Candra

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved