Headlines News :
Home » » Agar Setara Dengan Dubai, IKN Dibangun Antisipasi Banjir dan Longsor

Agar Setara Dengan Dubai, IKN Dibangun Antisipasi Banjir dan Longsor

Written By Info Breaking News on Kamis, 24 November 2022 | 06.59


Palaran city, Info Breaking News 
Derap laju terus dipacu dengan kerja siang malam lembur pembangunan ibu kota negara (IKN) nusantara memperhatikan potensi banjir dan longsor. Ada 2 jurus yang diterapkan untuk mencegah longsor maupun banjir di IKN Nusantara, agar setara kemegahan IKN dengan Dubai, kota terindah di dunia.

Jurus pertama, untuk mencegah longsor di IKN, maka porsi ruang terbuka hijau cukup besar.

"Kami melakukan mitigasi potensi bencana longsor (lanslide), antara lain dengan mempertahankan ruang hijau lebih dari 75% dari 6.600 hektar luas area Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), serta memasang sensoring monitoring pergerakan tanah," ujar Basuki kepada IBN, Kamis (24/11/2022) di Jakarta.

Kementerian PUPR membangun mengikuti topografi dengan memanfaatkan cekungan untuk embung, merancang jalan dengan kemiringan kurang dari 10%. Lalu menghindari pembangunan di lokasi dengan kerentanan gerakan tanah tinggi, serta sangat menghindari pengupasan tebing atau lereng.

Selain itu seminimal mungkin melakukan metode proses pengerjaan tanah cut and fill. "Kita ikuti topografi dan kita ingin memanfaatkan topografi daerah tersebut menjadi estetika IKN," jelas dia.

Jurus kedua, mencegah banjir di IKN, Kementerian PUPR sedang menyelesaikan pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi dengan progres fisik sekitar 78% dengan kapasitas tampungan 10,6 juta meter kubik untuk mengendalikan banjir di kawasan IKN hingga 55%.

Ada 19 embung yang akan dibangun di KIPP sebagai sistem drainase kawasan, sekaligus menciptakan harmoni antara green and blue development. Karena itu Kementerian PUPR juga membangun infrastruktur di IKN dengan memperhatikan tiga aspek mulai dari menjamin kualitas, menjaga kelestarian lingkungan dan memperhatikan estetika.

Nantinya infrastruktur yang dibangun akan menggunakan inovasi teknologi yang mutakhir untuk memastikan kualitas tinggi dalam aspek kekuatan, keamanan, keselamatan, ketahanan dan kenyamanan termasuk pemanfaatan Building Information Model (BIM) untuk menunjang peruahan desain yang dinamis dan sesuai kebutuhan lapangan.*** Lisa AF


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved