Headlines News :
Home » » Pentingnya Vitamin B Kompleks Bagi Orang Kondisi Ini

Pentingnya Vitamin B Kompleks Bagi Orang Kondisi Ini

Written By Info Breaking News on Kamis, 01 Agustus 2024 | 16.08


Palaran City, Info Breaking News -
Vitamin B kompleks adalah sebutan untuk berbagai macam vitamin B, mulai dari vitamin B1 hingga B12.

Setiap vitamin B tersebut masing-masing memiliki manfaat untuk tubuh. Misalnya, vitamin B1 berfungsi untuk menunjang kesehatan otak, vitamin B6 mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah, dan vitamin B12 berperan dalam pembentukan sel darah.

Karenanya, mengonsumsi vitamin B kompleks sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Lantas, siapa saja sih yang sebaiknya rutin mengonsumsi vitamin B kompleks?

Dikutip dari berbagai sumber, berikut kelompok orang yang dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B kompleks, baik lewat makanan maupun suplemen.

1. Ibu Hamil
Vitamin B kompleks sangat penting untuk menunjang kehamilan. Khususnya, vitamin B9 atau yang disebut juga sebagai folat.

Wanita yang berencana untuk hamil biasanya disarankan untuk memperbanyak asupan folat beberapa bulan sebelum kehamilan. Ibu hamil setidaknya perlu mengonsumsi 400 mikrogram folat setiap hari.

Selain mengonsumsi folat, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat. Kedua nutrisi ini dapat membantu mengurangi risiko cacat lahir pada janin.

Selain B9, ibu hamil juga memerlukan asupan vitamin B12. Penelitian menunjukkan kekurangan asupan vitamin B12 dapat meningkatkan risiko keguguran dini, berat badan lahir rendah, kelainan janin, dan tekanan darah tinggi pada ibu hamil.

2. Vegetarian dan Vegan
Vegetarian adalah pola diet yang tidak makan daging, tapi masih mengonsumsi produk hewani, seperti susu dan telur. Sedangkan, orang yang menjalani diet vegan sama sekali tidak mengonsumsi produk hewani apapun.

Orang-orang yang menjalani pola diet tersebut perlu meningkatkan asupan vitamin B kompleks. Pasalnya, vitamin B12 yang berfungsi untuk pembentukan darah dan kesehatan kulit, berasal dari makanan hewani.

Karena itu, orang vegetarian dan vegan perlu mengonsumsi suplemen vitamin B12 untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

3. Orang yang Menjalani Bypass Lambung
Orang yang telah menjalani operasi bypass lambung atau bariatrik juga membutuhkan asupan vitamin B. Penelitian menunjukkan operasi ini meningkatkan kebutuhan seseorang akan vitamin B12.

Lebih lanjut, penelitian juga menemukan pasien yang menjalani bariatrik membutuhkan multivitamin, yang mencakup vitamin B dan nutrisi lainnya.

4. Lansia
Orang yang sudah memasuki usia lanjut juga disarankan mengonsumsi vitamin B kompleks secara rutin. Terutama, mereka yang sudah berusia 65 tahun ke atas.

Penelitian menunjukkan orang dewasa yang lebih tua rentan kekurangan vitamin B12. Vitamin ini sangat penting untuk memelihara kesehatan otak yang cenderung menurun seiring pertambahan usia.

Selain itu, vitamin B6 dan B9 yang rendah juga dikaitkan dengan kecenderungan depresi pada orang lanjut usia.

5. Orang dengan Kondisi Tertentu
Mereka yang memiliki kondisi medis tertentu juga dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi vitamin B kompleks, baik dari makanan maupun suplemen tambahan. Adapun kondisi-kondisi yang menuntut peningkatan asupan vitamin B kompleks antara lain:

Gangguan penggunaan alkohol
Kondisi autoimun, seperti lupus, rheumatoid arthritis, atau diabetes tipe 1
Depresi
Diabetes
Malabsorpsi, seperti celiac atau penyakit Crohn
Penyakit ginjal
HIV
Penyakit jantung
Alzheimer
AIDS
Kanker
Meski asupan vitamin B kompleks penting bagi tubuh, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Dosis vitamin B tertentu yang terlalu tinggi dapat memicu risiko kesehatan. Berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengonsumsi vitamin B kompleks dengan dosis tinggi.*** Lisa AF


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved